Ilustrasi TKA. Foto: Istimewa.

Ilustrasi TKA. Foto: Istimewa.

Selama PPKM Darurat, Pekerja Asing Tak Bisa Masuk Indonesia

Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tidak lagi bisa masuk ke Indonesia.

Kamis, 22 Juli 2021 | 17:16 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan pembatasan orang asing masuk ke Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menerangkan bahwa Tenaga Kerja Asing yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tidak lagi bisa masuk ke Indonesia.

Tenaga Kerja Asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia,” kata Menkumham Yasonna Laoly, Rabu (21/7/2021).

BERITA TERKAIT:
Selama PPKM Darurat, Pekerja Asing Tak Bisa Masuk Indonesia
Putus Peredaran Narkoba di Lapas, 19 Napi di Pindah ke Nusakambangan
PRIMA: Harapan Baru Indonesia, Partainya Rakyat Biasa!
Wamenkumham Klarifikasi Video Terkait KPK
Kemenkumham Cegah Azis Berpergian ke Luar Negeri Selama Enam Bulan ke Depan
AHY Sampaikan Surat Resmi Partai Demokrat Kepada Kemenkumham
ICW Rilis 22 Napi Koruptor, Usia Diatas 60 Tahun

Dalam Permenkumham tersebut, disebutkan bahwa orang asing yang boleh masuk ke Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap. ”Kemudian orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa orang asing yang tergolong pengecualian dalam Permenkumham tersebut juga membutuhkan rekomendasi kementerian atau lembaga terkait untuk bisa masuk ke Tanah Air. “Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 ini tak lepas dari koordinasi yang baik antara saya bersama Menteri Luar Negeri dan lembaga terkait lainnya,” ujar Menkumham.

Yasona mengatakan, Kemenkumham juga akan melakukan koordinasi bersama kementerian dan lembaga terkait mengenai orang asing yang masih boleh masuk ke Indonesia sesuai aturan yang baru.

Sebagai contoh, koordinasi dengan Kemenlu bila ada diplomat yang hendak masuk ke Indonesia dalam rangka tugas. Adapun orang asing yang masuk dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, juga harus mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19.


tags: #kemenkumham #tenaga kerja asing #indonesia #tka

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI