Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

Selandia Baru Tambah Bantuan Rp15 M untuk Penanganan Covid-19 RI

Bantuan ini merupakan komitmen Selandia Baru untuk mendukung Indonesia dalam menghadapi tantangan Covid-19.

Kamis, 22 Juli 2021 | 18:30 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta -  Selandia Baru memberikan tambahan bantuan NZ$1,5 juta atau Rp15 Miliar untuk mendukung penanganan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Selain itu, Selandia Baru juga akan memberikan sumbangan ventilator non-invasif.

"Selandia Baru akan memberikan sumbangan 100 ventilator non-invasif jenis Airvo 2 buatan Fisher & Paykel Healthcare untuk memenuhi kebutuhan peralatan medis yang mendesak di Indonesia," bunyi keterangan tertulis Kedubes Selandia Baru di Jakarta, Kamis (22/7).

Adapun sumbangan Rp15 miliar untuk Indonesia ini terbagi menjadi beberapa bantuan. Salah satunya sumbangan Rp5 miliar untuk pembelian alat tes antigen yang disalurkan lewat WHO.

BERITA TERKAIT:
Permintaan Donor Plasma di Tiga Wilayah Jateng Masih Tinggi
Pandemi Melanda, Unika Soegijapranata: Wajah Dunia Berubah
Terpapar Covid, Kadivpas Kemenkumham Jateng Syafar Pudji Rochmadi Meninggal
Kisah Memilukan, Vino Hidup Sebatang Kara Usai Ayah-Ibu Meninggal Covid-19
Kasus Baru Covid-19 di Klaten Meningkat, Satgas Jemput Warga Positif
Ini yang Mengakibatkan Stok Obat Covid-19 di Jateng Langka
Jemput Bola Vaksinasi di Kecamatan Banyumanik, Hendi: Karena Angka Penderita Covid-19 Cukup Tinggi

"Sumbangan sebesar NZ$ 500.000 (IDR 5 Milyar) telah diberikan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pengadaan alat uji anti-gen cepat (rapid anti-gen testing kits). Alat uji ini akan memastikan bahwa tes COVID 19 dapat diproses langsung di tempat pasien dirawat, dengan hasil yang akan tersedia dalam waktu 30 menit," imbuhnya.

Selanjutnya, ada pula kontribusi tambahan sebesar NZ$270.000 (IDR 2,7 Miliar) yang akan diberikan kepada Lembaga Biologi Molekuler Eijkman untuk mendukung kapasitas Genome Sequencing. Selandia Baru sebelumnya telah memberikan NZ$650.000 (IDR 6,5 Milyar) untuk mendukung Lembaga ini pada awal pandemi tahun 2020.

Kedubes Selandia Baru menyatakan bahwa bantuan yang diumumkan hari ini merupakan komitmen Selandia Baru untuk mendukung Indonesia dalam menghadapi tantangan Covid-19.

Selandia Baru sebelumnya telah menyumbang NZ$11,2 juta (IDR 11,2 Milyar) untuk membantu situasi Covid-19 di Indonesia melalui dukungan untuk pencegahan dan komunikasi risiko, peluncuran vaksin, kemampuan pengujian PCR, dan pengiriman alat pelindung diri dan perlengkapan kebersihan.


tags: #covid-19 #bantuan #selandia baru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI