186 Warga Binaan Lapas Kelas II Brebes Divaksin

Warga binaan dengan sukarela mengikuti vaksinasi vaksin Covid-19.

Kamis, 22 Juli 2021 | 20:50 WIB - Kesehatan
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Sebanyak 186 warga binaan Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Kelas II B Brebes, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar di Lapas setempat, Kamis (22/7/2021).

Kepala Lapas (Kalapas)Kelas II B Brebes, Isnawan Amd IP, SH, MH, disela-sela kegiatan.menjelaskan, vaksinasi ini merupakan kerjasama dengan Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi nasional. 

"Dari total 267 warga binaan di lapas ini, baru 186 warga binaan yang divaksin Covid-19. Data tersebut sesuai dengan NIK Kabupaten Brebes. Diharapkan dengan vaksinasi tersebut dapat menekan penularan Covid-19," kata Isnawan.

BERITA TERKAIT:
186 Warga Binaan Lapas Kelas II Brebes Divaksin
Pasukan Houthi Diduga Luncurkan Rudal, Delapan Warga Yaman Tewas
Pegawai Lapas Brebes Digembleng Latihan Menembak
Warga Binaan LP Pekalongan Diajari Budidaya Bebek Petelur

"warga binaan dengan sukarela mengikuti vaksinasi vaksin Covid-19. Sebelumnya kami juga sudah menyosialisasikan kepada warga binaan akan pentingnya vaksin teraebut," terang Isnawan.

Isnawan menambahkan, prosedur vaksinasi warga binaan Lapss Kelas II B Brebes sama seperti yang dilakukan kepada masyarakat umum. Mulai dari pemeriksaan dan Observasi oleh pihak kesehatan.
 
"Vaksinasi dosis kedua akan dijadwalkan kembali nantinya. Kami berharap semua warga binaan yang belum di vaksinasi bisa semuanya tervaksinasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Bagi warga binaan yang sudah menerima vaksin dosis pertama, nantinya bisa mengikuti vaksinasi dosis kedua, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan" kata Kalapas.

Kalapas juga mengharapkan karena vaksinasi ini harus berdasarkan NIK Kabupaten Brebes maka warga binaan yang belum  memiliki NIK agar juga bisa divaksin Covid-19. "Seluruhnya harus sehat jangan ada yang sakit dan salah satu upaya untuk mendapatkan kesehatan tersebut dengan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk herd immunity di Lapas," ungkap Kalapas.

Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi di Lapsd.dalam keadaan aman kondusif, serta sesuai dengan protokol kesehatan ( prokes) dan tidak ditemukan reaksi negatif dari pemberian vaksinasi ini.

Sementara, Pasi Ops Kodim 0713 Brebes Kapten Suryadi menerangkan, kegiatan vaksinasi ini adalah bentuk pelaksanaan perintah dari Pangdam IV Diponegoro melalui Kodim 0713. Ia menjelaskan, vaksinasi ini diberikan kepada warga Brebes termasuk juga di dalamnya warga binaan di Lapas Kelas II B Brebes dalam upaya mencegah penularan Virus Covid -19.

"Melalui vaksinasi ini, sebagai upaya untuk meningkatakan imunitas warga binaan Karena, Lapas merupakan salah satu tempat yang cukup rentan menjadi klaster penyebaran covid-19." Kata Suryadi yang didampingi pula Danramil 01 Brebes Kapten inf Kunpriyanto.

Suryadi kembali menegaskan, dengan dilaksanakannya kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan pemasyarakatan ini diharapkan seluruh warga binaan mendapat haknya yaitu hak mendapatkan kesehatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Brebes, dr Rudi Pangarsaning Utami Mkes Di Dinkes, menuturkam jumlah vaksin terbatas. Tapi akan diupayakan semua warga binaan Lapas Kelas II B Brebes seluruhnya bisa ikut susulan vaksin. "Mudah-mudahan seluruh warga binaan di Lapas Kelas II B Brebes semuanya bisa divaksin," pungkas dr Utami.


tags: #lembaga pemasyarakatan #vaksinasi covid-19 #warga binaan #kodim 0713 brebes #dinas kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI