Ada Akun Palsu FB Wagub Jateng, Gus Yasin: Warga Harus Hati-Hati!

"Kepada masyarakat saya minta untuk berhati-hati dan teliti dengan akun FB palsu,"

Jumat, 23 Juli 2021 | 05:48 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Semarang - Beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan akun palsu para pejabat yang digunakan untuk pengambil alihan akun whatsapp.

Yakni akun palsu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang beredar di media sosial Facebook. Akun Facebook dengan profil terpasang foto Gus Yasin setengah badan dan mengenakan pakaian dinas warna putih lengkap dengan topi.

Kepada banyak orang, akun palsu tersebut mengirim pesan yang intinya meminta kode verifikasi whatsAap. Sementara akun asli Facebook orang nomor dua di Jateng itu terpasang foto Gus Yasin bersama istri dan anak-anaknya.

BERITA TERKAIT:
Ada Akun Palsu FB Wagub Jateng, Gus Yasin: Warga Harus Hati-Hati!
Tak akan Ada Lagi Iklan Penurun Berat Badan di Pinterest
Facebook Blokir Akun Trump Hingga 2023
Setubuhi Gadis 16 Tahun, Seorang Pemuda Sumbawa Digelandang ke Kantor Polisi
PM Selandia Baru Minta Para Pemimpin Dunia Belajar Algoritma Media Sosial
Twitter Tangguhkan Akun yang Bagikan Konten Trump
Adanya Upaya Phising, Kominfo Minta Facebook Beri Penjelasan

Gus Yasin pun bereaksi keras terhadap hal itu

"Kok terus-terusan ya nama saya dicatut.  Bukan hanya saya sih, ada pejabat lainnya yang juga pernah dicatut. Memang dari Kominfo harus selektif dan benar-benar punya kekuatan, sehingga bisa langsung punya akses menutup. Paling banyak di Facebook, kalau di media sosial lainnya minim," kata Gus Yasin, di Semarang, Jumat (23/7)

Terkait akun Facebook palsu tersebut, kata dia, beberapa warga yang melapor kepadanya. Salah satunya warga Kepulauan Riau yang sempat kaget mendapat pesan yang dikirim lewat akun Facebook palsu yang mengatasnamakan Gus Yasin

Penerima pesan merasa bingung, karena merasa tidak ada hubungan apapun dengan Wagub Jateng, tiba-tiba mendapat pesan lewat Facebook (FB)

"Kemudian dia DM (direct message) ke saya. Lalu saya jelaskan bahwa akun tersebut palsu. Kepada masyarakat saya minta untuk berhati-hati dan teliti dengan akun FB palsu," tegasnya

Ia mengimbau masyarakat untuk mawas diri, karena tidak mungkin ada pejabat yang menanyakan hal-hal yang bersifat rahasia, seperti PIN atau kode verifikasi WhatsApp.

Jika ada pesan seperti itu, Gus Yasin meminta masyarakat tidak menanggapi atau lebih baik diabaikan, karena aksi tersebut dapat menjadi celah kejahatan.

Salah seorang warga, Aji Saputra mengaku bingung bercampur senang mendapat pesan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melalui Facebook.

Namun, pemuda warga Lempongsari Kota Semarang itu merasa curiga dengan kalimat dan ejaan yang tertulis dalam pesan tidak beraturan. Seperti kalimat Jawa Tengah ditulis Jawah Tengah, privasi tertulis vripasih, dan sebagainya.

"Saya juga mendapat pesan dari Pak Wakil Gubernur Taj Yasin lewat FB. Awalnya saya kaget dan sangat senang karena mendapat pesan dari wakil gubernur yang isinya meminta saya mengirim verifikasi kode WA. Kecurigaan saya bahwa itu akun palsu ternyata benar, Wagub Taj Yasin sudah klarifikasi di akun FB aslinya," terang dia


tags: #facebook #taj yasin maimoen #wakil gubernur jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI