Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Foto: Istimewa

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Foto: Istimewa

Pemkab Banjarnegara Salurkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial

Penyaluran bantuan juga dilakukan dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian lokal.

Jumat, 23 Juli 2021 | 08:55 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Banjarnegara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara Jawa Tengah menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak pandemi Covid-19 di Desa Gumingsir Kecamatan Wanadadi.

"Bantuan ini dari pemerintah daerah sebagai wujud kewajiban dan tanggung jawab untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," ungkap Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (22/7).

Ia menambahkan, penyaluran bantuan juga dilakukan dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian lokal di wilayah setempat. Bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Banjarnegara Salurkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial
Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Banjarnegara Fokus Bangun Infrastuktur
Banjarnegara Gencar Promosi Desa Wisata
Banjarnegara Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Hadapi Cuaca Ekstrem
Candi Arjuna Kembali Dibuka untuk Wisatawan
Pemkab Banjarnegara Dorong Warga Kembangkan Perikanan Air Tawar
20 Persen Nakes di Banjarnegara Tak Bisa Divaksin

Pemberian bantuan juga dilakukan berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 21 Tahun 2021 yang menyebutkan perlunya percepatan penyaluran bantuan sosial atau Jaring Pengaman Sosial.

"Bantuan Jaring Pengaman Sosial yang disalurkan ini diperuntukkan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kebijakan ini menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri karena Banjarnegara selalu mendukung apa yang memang menjadi arahan Pemerintah Pusat," jelasnya.

Penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial di Desa Gumingsir, kata dia, berjalan dengan tertib dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. "Pelaksanaan bantuan Jaring Pengaman Sosial di Desa Gumingsir ini berjalan dengan baik dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada para pihak terkait yang telah bersinergi dalam menyukseskan penyaluran bantuan. "Kami mengapresiasi seluruh petugas baik dari jajaran Pemkab Banjarnegara, TNI, Polri, petugas Kantor Pos hingga perangkat desa," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan agar kepala daerah segera menyalurkan bantuan sosial atau Jaring Pengaman Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Mendagri Tito Karnavian dalam Instruksi Mendagri Nomor 21 Tahun 2021 menyebutkan perlunya percepatan penyaluran bantuan tersebut.


tags: #pemkab banjarnegara #jaring pengaman sosial

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI