Logo IMM, Gambar: Istimewa

Logo IMM, Gambar: Istimewa

Kritik Efektivitas PPKM, Mahasiswa Turun ke Jalan

Berdasarkan rangkuman IMM, tidak ada penurunan kasus corona di Kota Malang selama PPKM level 4 diberlakukan.

Senin, 09 Agustus 2021 | 13:46 WIB - Didaktika
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Ikatan mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya turun ke jalan untuk mengkritik kebijakan pemerintah terkait efektivitas PPKM level 4. Para mahasiswa menggelar orasi. Mereka meminta pemerintah lebih serius dalam menangani pandemi. Pasalnys banyak rakyat yang sudah menjadi korban. Selain itu, sejumlah poster yang dibawa juga berisi kritikan atas kebijakan pemerintah dan jeritan rakyat selama pandemi Covid-19.

"Kita ada tema besar, mendesak pemerintah segera menuntaskan kasus Covid-19 dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Itu yang akan kita sampaikan kepada DPR," ungkap Humas IMM Malang Raya Roni Versal kepada wartawan di sela unjuk rasa depan Balai Kota Malang, Senin (9/8).

BERITA TERKAIT:
OTT 5 Anggota Polisi, IMM Jateng Desak Polri Evaluasi Kapolda Jateng
Semarak Muktamar, PC IMM Kota Semarang Adakan Rembug Ekologi dan Studi Gerakan
Anggota DPR RI Riyanta Sampaikan Orasi Ilmiah di Musyda ke XX DPD IMM Jateng
IMM MIPA Unimus Adakan Darul Arqam Dasar
Budaya Moderasi Cerminan IMM Jawa Tengah Berkebudayaan

Berdasarkan rangkuman IMM, tidak ada penurunan kasus corona di Kota Malang selama PPKM level 4 diberlakukan. Tercatat mulai 5-8 Agustus 2021 justru terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Selain itu, menurutnya pemerintah juga tidak menjalankan amanah Undang-Undang Karantina Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 secara mutlak. "Meski diterapkan PPKM, ternyata tidak bisa mengatasi solusi itu. Maka, kita minta pemerintah mengambil tindakan secara serius dalam menangani pandemi Covid-19," beber Roni.

"Yang kedua, ternyata pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini tidak mengacu langsung kepada Undang-Undang Karantina Kesehatan. Selama masa karantina wilayah atau karantina mandiri wajib memberikan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Karena dalam undang-undang itu, wajib dipenuhi kebutuhan makannya," bebernya.

mahasiswa yang demo ditemui Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Rimzah Jubair untuk menyampaikan aspirasi. Aksi IMM yang dikawal aparat keamanan ini kemudian bubar.

***

tags: #imm #mahasiswa #malang #ppkm level 4

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI