Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

2.800 Dosis Vaksin Moderna Segera Didistribusikan untuk Nakes di Karanganyar

Vaksin Astrazeneca dan Sinovac saat ini telah mendapatkan tambahan 30 ribu dosis.

Kamis, 12 Agustus 2021 | 09:54 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Karanganyar – Sebanyak 2.800 dosis vaksin jenis Moderna segera didistribusikan ke tenaga kesehatan (Nakes) di Karanganyar, Jawa Tengah. Hal itu, untuk vaksinasi tahap ketiga atau booster para Nakes.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini masih mengupayakan ke pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi untuk bisa mendapatkan vaksin tambahan.

BERITA TERKAIT:
Muncul Kasus Baru Covid-19, Pemkab Boyolali Kejar Target Vaksin Booster Covid-19
Target 30 Persen, Tapi Vaksinasi di Kendal Baru Tercapai 17 Persen, Ini Alasannya 
Tarling Terakhir, Bupati Sragen Minta Pemudik Lakukan Vaksin Booster
Bupati Klaten Tinjau Vaksinasi: Ini Wujud Kegotongroyongan
Disporapar Boyolali Pasang Stiker di Tempat Usaha Pariwisata yang Sudah Terbooster

”Setiap hari kami minta tambahan vaksin. Kalau diperintahkan untuk percepatan vaksin, kami siap. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah vaksin itu ada atau tidak. Beruntung sampai saat ini sudah mencapai 35 persen. Dosis pertama itu 24 persen dan dosis yang kedua 11 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Purwati menerangkan bahwa penyuntikan 2.800 vaksin Moderna bagi Nakes dilakukan di masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes) yang sebelumnya digunakan saat penyuntikan tahap pertama dan kedua.

Purwati menjelaskan, tidak masalah dengan beda vaksin lantaran para Nakes sudah divaksin lebih dari dua bulan. “Aturannya memang seperti itu, vaksin Moderna ini khusus untuk Nakes, tidak untuk khalayak umum,” jelasnya.

Untuk vaksinasi jenis Sinovac, kata dia, saat ini sedikit terkendala dari pusat. Oleh karena itu, begitu vaksin tiba langsung disuntikkan ke masyarakat maupun lansia yang belum mendapatkan vaksin. ”Kalau untuk masyarakat yang baru bisa divaksin tahap pertama kita pakainya yang Astrazeneca. Kalau tahap dua sesuai dengan tahap pertama dulu, tidak boleh berbeda.” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penyaluran vaksin Astrazeneca dan Sinovac saat ini telah mendapatkan tambahan 30 ribu dosis. Disalurkan ke masyarakat khusus untuk usia 18 tahun ke atas. ”Pertama kami menerima 20.000 dosis atau 2.000 vial, kemudian minggu ini kita ada tambahan lagi 10.000 dosis atau 1.000 vial untuk Astrazeneca. Penyuntikan dilakukan di 21 pelayanan kesehatan.” tukasnya.


tags: #booster #vaksin #moderna #nakes #karanganyar

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI