Upacara HUT RI para relawan pemakaman Covid-19 di Klaten, Foto: Istimewa

Upacara HUT RI para relawan pemakaman Covid-19 di Klaten, Foto: Istimewa

Ber-APD Lengkap, Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Klaten Gelar Upara HUT ke-76 RI

Tujuan upacara dengan APD itu dilakukan karena tidak mungkin upacara dengan pakaian biasa.

Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:46 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Klaten - Meskipun bercucuran keringat, relawan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 eks Kawedanan Jatinom Klaten menggelar upacara HUT ke-76 RI. upacara dilaksanakan dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Peserta upacara sekitar 40 orang mulai berkumpul di Posko sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah mengenakan APD lengkap, sepatu, masker pelindung, kaos tangan karet dan lainnya upacara dimulai pukul 09.15 WIB.

BERITA TERKAIT:
Ber-APD Lengkap, Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Klaten Gelar Upara HUT ke-76 RI
Relawan Pemulasaraan Jenazah Corona di Kudus Dapat Insentif

Selama upacara, peserta disemprot dengan air yang sudah disiapkan. Semprotkan air diarahkan ke udara sehingga udara lebih sejuk. upacara berlangsung layaknya upacara bendera biasa, diawali pengibaran bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, pembacaan teks Pancasila, proklamasi dan diakhiri doa.

"Kita memakai APD sehingga memakan banyak energi sehingga kita tadi siapkan semprotan air. Kita tidak ingin ada teman yang pingsan," ungkap koordinator Tim Kubur Cepat Covid-19 eks Kawedanan Jatinom, Heri Prabowo pada wartawan, Selasa (17/8) siang.

Ia menjelaskan tujuan upacara dengan APD itu dilakukan karena tidak mungkin upacara dengan pakaian biasa. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat.

"Kita juga ingin mengedukasi masyarakat, bahwa di siang hari pun kami siap memakamkan. Jadi jangan sampai bertemu Kami, kami harap masyarkat mematuhi protokol kesehatan," imbuh Heri.

Saat upacara, sebut Heri, tim juga off pemakaman. Jenazah terakhir sudah diselesaikan pemakaman pukul 02.30 WIB.

"Tidak ada agenda hari ini, tadi malam jenazah kita kuburkan sampai pukul 02.30 WIB. Peserta dari tim kecamatan Karanganom, Jatinom, Tulung dan Polanharjo," terangnya.

"Kami masih prihatin ada masyarakat yang abai, maka kami berpakaian begini untuk mengingatkan masyarakat untuk tetap taat protokol," pungkasnya.

***

tags: #relawan pemulasaraan #upacara #hut ke-76 ri #kabupaten klaten

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI