Warga RW 17 Banyumanik Semarang saat menggelar UMKM Expo, pada Minggu (22/8). (Foto: dok).

Warga RW 17 Banyumanik Semarang saat menggelar UMKM Expo, pada Minggu (22/8). (Foto: dok).

Bangkitkan Ekonomi Warga, RW 17 Banyumanik Semarang Gelar UMKM Expo 

Kegiatan bazar dan UMKM expo ini merupakan sebuah upaya untuk menggerakkan ekonomi warga di tengah pandemi covid-19.

Senin, 23 Agustus 2021 | 08:18 WIB - Ekonomi
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Berupaya mengangkat perekonomian warga di tengah pandemi covid-19, jajaran pengurus RW 17 Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik menggelar UMKM Expo dan Bazaar Murah di bundaran Saninten, pada Minggu (22/8/2021). Tercatat 29 UMKM turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Adapun semua UMKM yang berpartisipasi adalah berasal dari warga di lingkungan RW 17. 

Saat membuka kegiatan, Lurah Srondol Wetan Ali Akbar Masdiq menuturkan jika pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi apa yang digagas oleh pengurus RW 17. 

BERITA TERKAIT:
Truk Tubruk Mobil dan Motor di Banyumanik Semarang, Dua Meninggal Enam Luka-luka
Tiga Orang Terluka Setelah terlibat Kecelakaan di Jalan Tol Manyaran Semarang 
Dua Orang Terluka Setelah terlibat Kecelakaan di Banyumanik Semarang
Usai Terapi di Rumah Gizi Semarang, Putri Kustiah Bisa Berjalan
Terungkap! Ternyata Pria yang Tewas di Hotel Grand Candi Semarang, Akibat Didorong Temannya

"Kami mengapresiasi kegiatan Bazaar dan UMKM Expo yang digelar kali ini. Di samping tetap memperhatikan protokol kesehatan, kegiatan ini juga mampu membangkitkan kembali semangat masyarakat dalam mengembangkan kreatifitas dan ketrampilan meski masih di tengah pandemi Covid-19," tutur Ali Akbar. 

Pihaknya pun berharap kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan secara rutin, baik saat akhir pekan maupun event besar lainnya.

"Mungkin nantinya bisa dilaksanakan setiap Sabtu atau Minggu, kemudian saat ada event seperti HUT Kota Semarang, HUT RI, maupun event-event lainnya,” harapnya.

Berdasar pengamatannya, kata dia, wilayah RW 17 memiliki potensi UMKM yang cukup besar, sehingga perlu sebuah wadah untuk memasarkan.

Sementara itu, Ketua RW 17 sekaligus ketua panitia UMKM Expo dan Bazaar Murah, Pujo Adi Herlambang menjelaskan kegiatan tersebut merupakan hasil sinergitas antara pengurus RW, Tim Penggerak PKK dan karang taruna. 

"Ada beberapa rangkaian kegiatan yang kita gelar. Kita punya yang namanya PWS atau Paguyuban Warga Sehat, yang pagi hari ini menggerakkan warga untuk bersepeda mengelilingi wilayah RW. Kemudian juga ada kegiatan yang menggerakkan perekonomian warga, yaitu berupa UMKM Expo. Selain itu, juga ada Bazaar murah berupa pembagian 120 paket sembako yang dijual di bawah harga pasar," terang Pujo.

Menurutnya, ini merupakan sebuah upaya untuk menggerakkan ekonomi warga di tengah pandemi covid-19, membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan membangun komunikasi warga. 

"Ini awal mula kita untuk menggerakkan UMKM warga di lingkungan RW 17. Ke depan akan kita persiapkan dengan lebih baik lagi," ucap dia.

Istina, salah satu peserta UMKM Expo menyambut gembira dan berharap kegiatan tersebut dapat rutin diadakan. 

"Alhamdulillah, merasa bersyukur bisa ketemu dan bareng-bareng dengan seluruh warga RW 17. Kami sesama pelaku UMKM merasa sangat tersupport. Kalau bisa diadakan secara rutin," tuturnya.


tags: #banyumanik #umkm expo #semarang #bazaar

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI