Potong tumpeng dalam Gerebek Suran di Pendopo Bupati Wonosobo. Foto : Emhaka

Potong tumpeng dalam Gerebek Suran di Pendopo Bupati Wonosobo. Foto : Emhaka

Gerebek Suran di Wonosobo Diisi dengan Doa Lintas Agama

Acara Gerebek suran ini mengusung tema "Lintas Agama dan Budaya" yang ada di Wonosobo. Acara juga dihadiri lima tokoh agama mulai dari Islam, Hindu, Katolik, Kristen, Budha, dan Khong Hu Chu.

Senin, 23 Agustus 2021 | 21:25 WIB - Budaya
Penulis: Emhaka . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo- Tradisi Gerebek Suran di Wonosobo, Jawa Tengah, sudah ada sejak dulu dan rutin dilaksanakan setahun sekali pada bulan Sura. Acara tersebut bertujuan untuk tolak bala dengan cara kenduri untuk keselamatan masyarakat dikenal juga dengan istilah ruwat bumi atau Sedekah Bumi.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Wakil Bupati M Albar dan jajaran Forkompimda setempat ikut meramaikan kegiatan Gerebek Suran tahun ini yang digelar di Pendopo Bupati, Senin (23/82021).

Acara Gerebek Suran ini mengusung tema "Lintas Agama dan Budaya" yang ada di Wonosobo. Acara juga dihadiri lima tokoh agama mulai dari Islam, Hindu, Katolik, Kristen, Budha, dan Khong Hu Chu.

BERITA TERKAIT:
Kopi Bowongso, Kopi Khas Wonosobo
Ini Jersey Tim PSIW di Liga 3 Jateng
Atlet Paralimpik Asal Wonosobo Siap Berangkat ke Jayapura
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo : Pengembangan Kawasan Food Estate untuk Kesejahteraan Petani
Bupati Ajak TNI Makin Sinergis Bangun Wonosobo
Bantuan Alsintan untuk Tingkatkan Produktifitas Hasil Pertanian
Penerima PTSL dan Bansos di Wonosobo Diminta Sudah Divaksin

Kelima tokoh agama berkumpul di Pendopo Bupati. Tujuannya sebagai perwujudan syukur kepada Tuhan YME serta mendoakan bangsa Indonesia dan daerah Wonosobo agar selamat dan dihindari dari mara bahaya. 

Saat membuka acara, Afif Nurhidayat tak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menegakan prokes ketat karena kita masih harus bersama-sama melawan pandemi Covid-19 ini. 

Lintas Iman
Afif juga mengaku sangat bangga dan antusias telah diselenggerakannya acara ini, karena merupakan suatu keberagaman yang ada di Indonesia. "Dengan acara seperti ini diharapkan masyarakat di Wonosobo dapat menghargai toleransi antarumat beragama dan budaya masing-masing," ujarnya.

Pembacaan doa dari kelima tokoh agama, dimulai dari Khong Hu Chu dan diakhiri agama Islam. Kelima tokoh agama juga berdoa agar negara Indonesia bisa tambah maju dan bisa cepat melawan virus corona ini.

Acara yang dilaksanakan secara sederhana dan terbatas serta tidak mengagendakan pertunjukan ataupun kirab yang biasa dilakukan tahun sebelum ada pandemi Covid-19.

Namun tetap berlangsung khidmat dan lancar yang diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Sekda, jajaran Forkompimda dan para tokoh lintas agama yang ada.
 


tags: #bupati wonosobo afif nurhidayat #sedekah bumi #gerebek suran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI