Ilustrasi ikan gabus. Foto: Istimewa.

Ilustrasi ikan gabus. Foto: Istimewa.

Budidaya Ikan Gabus, Warga Lereng Merapi Manfaatkan Aliran Sungai

Hasil panen ikan gabus dijual ke wilayah Yogyakarta.

Senin, 13 September 2021 | 11:57 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Klaten — Di masa pandemi Covid-19 ini, usaha budidaya ikan gabus semakin diminati oleh lereng Gunung Merapi, di Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pasalnya, harga jenis ikan ini dinilai tinggi di pasaran dan mudah dalam perawatannya.

Salah satu konsumen ikan gabus, Agnes (36) asal Klaten, mengatakan bahwa dirinya telah lama mengonsumsi ikan gabus. Dijelaskan, ikan jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

“Saya suka banget sama ikan gabus, karena sangat besar sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, terutama untuk penyembuhan luka, penyembuhan setelah pasca operasi, dan untuk memperkuat imun.” tuturya, Senin (13/9/2021).

BERITA TERKAIT:
Budidaya Ikan Gabus, Warga Lereng Merapi Manfaatkan Aliran Sungai
Pemkab Pekalongan Distribusikan Paket Bantuan Budidaya Lele
Warga Binaan LP Pekalongan Diajari Budidaya Bebek Petelur
JMI Adakan Pelatihan Budidaya Nila

Sementara itu, salah seorang pebudidaya ikan gabus,  Windarto (45), warga Desa Sapen, mengatakan bahwa usaha budidaya ikan gabus yang ia lakukan yakni dengan memanfaatkan aliran air sungai yang berada di belakang rumahnya.

Windarto mengaku memilih budidaya ikan gabus ini karena memiliki peluang yang cukup menjanjikan, terlebih permintaan di pasaran cukup tinggi. Ia menyebut, usaha budidaya ikan gabus yang baru ia rintis beberapa bulan ini cukup membantu kebutuhan ekonomi keluarga.

“Ini kita budidaya ikan gabus. Jadi kita berusaha mengikuti permintaan pasar di dunia perikanan. Jadi kita berusaha untuk menyediakan pasokan ikan gabus.” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tingginya permintaan pasar karena ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai ikan konsumsi, ikan ini kaya akan gizi dibandingkan dengan ikan jenis lain. “ikan gabus ini banyak yang mengetahui tentang manfaatnya untuk kesehatan. Utamanya untuk pengobatan pasca operasi dan juga untuk pengobatan yang lain,” sambungnya.

Windarto menamabahkan, hasil panen ikan gabus ia jual ke wilayah Yogyakarta. Untuk harga bibit sekitar Rp 700 – Rp 1000 per ekor. Sedangkan usia dewasa dan siap konsumsi harganya Rp 65.000 per kilogram.


tags: #budidaya #ikan gabus #lereng merapi #klaten

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI