Ilustrasi kebakaran. Foto: Istimewa.

Ilustrasi kebakaran. Foto: Istimewa.

20 Saksi Kebakaran Lapas Kelas I Diperiksa

Saksi mulai dari sipir hingga petugas PLN.

Senin, 13 September 2021 | 12:14 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Polda Metro Jaya mulai melakukan penyidikan kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Dua puluh orang saksi diperiksa hari ini, Senin (13/9).

"Hari ini ada 20 saksi. Baru saat ini diperiksa dari ... baik penyelidikan ke penyidikan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Senin (13/9).

Sebanyak 20 saksi tersebut dibagi dalam tiga klaster. Saksi-saksi itu mulai dari petugas lapas yang tengah berjaga saat peristiwa kebakaran maut itu terjadi. "Kita jadwalkan ada 14 orang pegawai lapas untuk kami lakukan pemeriksaan, di mana 14 orang ini adalah yang bertugas," jelasnya.

BERITA TERKAIT:
Didesak Mundur Gegara Kebakaran Lapas Tangerang, Ini Jawaban Yasonna
Satu Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan ke Perwakilan Kedubes Portugal
Satu Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dipulangkan ke Lapas
38 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Diserahkan ke Keluarga
Lapas Tangerang Kebakaran, Polisi Kembali Periksa Petugas Lapas hingga Napi
Kondisi Dua Korban Kebakaran Lapas Tangerang Stabil, Satu Kritis
Antisipasi Kejadian Tangerang, Lapas Semarang Gelar Simulasi Pemadaman Api

Selain 14 orang pegawai lapas, polisi juga memeriksa 6 orang saksi lainnya. Keenam orang itu merupakan anggota PLN dan pemadam kebakaran. "Ada tiga orang saksi dari PLN yang kami periksa hari ini dan tiga orang pemadam kebakaran diperiksa," tukasnya.

Pemeriksaan 20 orang saksi ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan digelar di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. kebakaran maut di Lapas Kelas I Tangerang ini terjadi hari Rabu (8/9) dini hari. Hingga hari ini total ada 46 narapidana yang meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Polisi kini tengah menyelidiki adanya pelanggaran pidana yang dilakukan dari peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Pasal-pasal yang kini tengah dikaji penyidik terkait kasus tersebut berkisar di Pasal 187 dan 188 KUHP hingga 359 KUHP tentang kelalaian.


tags: #lapas kelas i tangerang #kebakaran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI