Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika menyerahkan material bangunan. Foto : emhaka/kuasakata.com

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika menyerahkan material bangunan. Foto : emhaka/kuasakata.com

Bupati Wonosobo Serahkan Bantuan pada Korban Tanah Longsor

Pemkab Wonosobo ikut prihatin atas kejadian tersebut. Semoga warga selalu diberi ketabahan dan keikhlasan dalam menerima musibah tersebut. 

Senin, 13 September 2021 | 22:40 WIB - Ragam
Penulis: Emhaka . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo- Warga Dusun Sutran Desa Perboto Kalikajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah yang menjadi korban bencana alam senderan langsor menerima bantuan dari Pemkab Wonosobo, Senin (13/9).

Bantuan bagi warga korban senderan longsor yang terjadi Minggu (12/9), sekitar pukul 11.00 WIB itu, berupa material bangunan seperti tryplex dan semen. Material bangunan itu, dapat dimanfaatkan untuk membangun senderan kembali.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Afif Nurhidayat didampingi Kapolres AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, Dandim 0707 Letkol Inf Rahmat SE MSi, Kalak BPBD Bambang Trie dan Camat Kalikajar Suratman.

BERITA TERKAIT:
Penerima PTSL dan Bansos di Wonosobo Diminta Sudah Divaksin
Vita Ervina : Perlu Pemupukan Berimbang untuk  Pertanian Sehat
BPBD Wonosobo Targetkan Ada 5 Relawan Penanggulangan Bencana di Tiap Desa
Disdikpora Wonosobo Punya Peran Strategis Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Bupati Wonosobo Tinjau Program Pembangunan Bedah Rumah
Bupati dan Wabup Wonosobo Minta Diskominfo Tangkal Informasi Hoaks di Medsos
Dinas Arpusda Wonosobo Launching Aplikasi KIPIN School 4.0, Seperti Apa?

Dalam suasana hujan deras, Afif Nurhidayat mengatakan sebagai wujud bela sungkawa atas kejadian musibah yang menimpa warga setempat. Pemkab Wonosobo ikut prihatin atas kejadian tersebut. Semoga warga selalu diberi ketabahan dan keikhlasan dalam menerima musibah tersebut. 

"Saya minta Pemdes Perboto agar segera menindaklanjuti musibah tersebut dengan menggarkan dana untuk pembangunan kembali senderan baru melalui APBDes. Saya mengajak pada seluruh lapisan masyarakat Wonosobo untuk waspada dan hati-hati karena musim hujan telah tiba," katanya.

Rawan Bencana
Pihaknya juga meminta kepada warga setempat untuk menyempatkan waktu berdoa memohon pada Allah SWT agar  terhindar dari musibah bencana alam. Daerah Wonosobo dan sekitarnya aman. Terhindar dari peristiwa bencana alam.

"Pemkab Wonosobo mengapresiasi dan mengucapkan trima kasih kepada Kades dan jajaran Pemdes Perboto yang telah menggerakan warga untuk bergotong royong. Sehingga material bangunan yang longsor segera dapat disingkirkan," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Bambang Trie berpesan kepada seluruh masyarakat untuk waspada melihat peta Wonosobo adalah daerah rawan bencana alam. Baik tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan kebakaran rumah. Apalagi akhir-akhir ini cuaca sedang sangat ekstrim.

"Di musim penghujan ini, relawan BPBD Wonosobo siap siaga 24 jam bersama teman-teman relawan  penanggulangan bencana (RPB) di daerah masing-masing. Kami juga banyak dibantu Tim SAR dan Basarnas setempat," tegasnya.

Bambang Trie melaporkan tanah longsor yang terjadi diduga akibat rembesan saluran pada pondasi senderan. Tebing yang mengalami longsor kurang lebih berukuran 8x10 meter, dengan ketinggian sekitar dua meter. Kerusakan berupa senderan kolam dan mushola.


tags: #bupati wonosobo afif nurhidayat #bpbd #kabupaten wonosobo #longsor

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI