Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Tak Ada Temuan Corona, Boyolali Perluas PTM

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyatakan uji coba PTM di Boyolali sudah dievaluasi.

Selasa, 14 September 2021 | 09:22 WIB - Didaktika
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Boyolali – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali telah melakuka evaluasi pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Hasilnya, perluasan sekolah bisa dilakukan dengan syarat, sekolah berada di kelurahan zona hijau. Langkah tersebut diambil lantaran PTM dinilai berjalan baik, lancar dan tidak ada siswa atau guru yang terpapar Covid-19.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali Darmanto menerangkan bahwa penambahan sekolah peserta uji coba PTM baru dilakukan di Kecamatan Boyolali Kota.

"Penambahan baru di jenjang SMP, itu pun di wilayah Kecamatan Boyolali Kota. SMPN 1 sampai SMPN 6 sudah masuk mulai hari ini.” tuturnya, Selasa (13/9/2021).

BERITA TERKAIT:
Kasus Uang Palsu di Boyolali, Terbanyak dalam Tiga Tahun Terakhir
Sembilan Pembuat dan Pengedar Uang Palsu di Boyolali 
Produsen Uang Palsu di Boyolali Diringkus Polisi
Sambut WCD, DLH Boyolali Fokus Pengurangan Sampah
Penyandang Disabilitas Terima Atensi Kemensos di Magelang
Pemkab Boyolali Salurkan 4,95 Ton Gabah untuk Warga Terdampak Merapi
Terdampak Merapi, Warga Desa Tlogolele Boyolali Dapat Bantuan Hampir 5 Ton Gabah Kering

Darmanto mengatakan, untuk SD belum ada penambahan, masih 56 SD yang ikut uji coba. Ia mengaku tidak ingin terburu-buru soal ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk perluasan sekolah peserta ujicoba PTM perlu persiapan matang. Pasalnya, ia berpegang pada prinsip dasar, keselamatan dan kesehatan siswa.

Darmanto menambahkan, vaksinasi pelajar tetap menjadi pertimbangan agar anak-anak lebih terjamin dan merasa aman serta aman ketika mengikuti PTM. "Paling tidak imunitas komunal terbentuk. Karena vaksinasi pelajar ini mulai menyasar kecamatan lain. Perluasan vaksin pelajar saat ini baru di tiga kecamatan yang sudah mendapat vaksin dosis pertama." ujarnya.

Untuk vaksinasi pelajar dosis pertama, imbuh dia, telah diberikan di Kecamatan Mojosongo, Teras dan Banyudono dengan total enam ribu siswa.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyatakan uji coba PTM di Boyolali sudah dievaluasi. Hasilnya, tidak ada masalah atau temuan paparan Corona. "Maka secara bertahap, per kecamatan bisa melakukan uji coba PTM karena sudah mulai vaksinasi pelajar yang mulai merambah kecamatan lain." jelasnya.

Meski begitu, Said menegaskan, hanya sekolah di daerah zona hijau yang bisa menggelar uji coba PTM. Evaluasi juga dilakukan berkala dan menyesuaikan dengan kondisi. "Meskipun bertahap, kami pantau langkah-langkah dan hasilnya, karena syarat sekolah berada di daerah zona hijau itu mutlak." tukasnya.


tags: #boyolali #pembelajaran tatap muka #zona hijau

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI