Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Foto: Istimewa.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Foto: Istimewa.

Wonogiri Level 3, Pemkab Belum Longgarkan Aturan PPKM

Jekek tak memungkiri rencana menuju pelonggaran.

Selasa, 14 September 2021 | 12:08 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Wonogiri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri belum melakukan pelonggaran aktivitas warga. Padahal, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Sukses telah turun ke level 3. Belum adanya pelonggaran lantaran dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus Corona.

Bupati Joko Sutopo alias Jekek menerangkan bahwa jika aktivitas warga dilonggarkan, dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus Corona. Menurutnya, perlu pertimbangan matang untuk melakukan pelonggaran.

“Ada jeda waktu yang dibutuhkan agar pemerintah bisa merumuskan kebijakan yang tepat dalam pelonggaran. Kami tak bermaksud ingin mematikan pelaku ekonomi adanya pembatasan yang ada. Pemerintah ingin memunculkan keseimbangan. Keseimbangan adalah kebijakan yang diambil harus lewat proses kajian matang,” tuturnya, Senin (13/9/2021).

BERITA TERKAIT:
Sekolah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang, Kepsek: Semoga Segera Diperbaiki
Terpapar Covid-19, Dua Peserta SKD CPNS Wonogiri Dijadwalkan Ulang
22 Kebakaran Terjadi di Wonogiri Sejak Awal 2021
Wonogiri Level 3, Pemkab Belum Longgarkan Aturan PPKM
Cabuli Enam Siswa, Predator Anak di Wonogiri Ngaku Masih Suka Lawan Jenis
Kasus Pembuangan Bayi di Wonogiri Terungkap, Pelaku Masih Pelajar
Dipenjara Kasus Pencabulan, Oknum PNS Ini Masih Terima Gaji

Bupati Jekek menjelaskan, jika level PPKM di Wonogiri stabil atau bahkan turun ke level 2, maka pihaknya bakal merumuskan kebijakan baru. Artinya, pelonggaran dilakukan berdasarkan kondisi Covid-19. Karena itu, Pemkab tak ingin tergesa-gesa melakukan pelonggaran, antara lain uji coba pembukaan objek wisata maupun diperbolehkannya hajatan atau resepsi pernikahan.

“Objek wisata belum buka dulu. Untuk (resepsi) pernikahan masih sangat terbatas. Kami lihat dulu kondisi satu pekan ke depan. Saat sudah stabil akan kami kumpulkan semua pihak untuk melakukan evaluasi. Dari evaluasi itu akan muncul kira-kira kebijakan apa yang harus diambil pemkab. Jadi kebijakan diambil dari analisis kondisi. Kalau ini kita buka bebas, siapa yang menjamin?” ujarnya.

Kendati demikian, Jekek tak memungkiri rencana menuju pelonggaran. “Iya, setelah nanti semuanya sudah oke,  masyarakat sudah divaksin, ada modal untuk membuat kebijakan baru. Ini sedang kami lakukan percepatan vaksinasi. ” tukasnya.


tags: #wonogiri #pelonggaran #ppkm #ppkm level 3

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI