Bupati Jepara Dian Kristiandi saat silaturahmi ke desa sinanggul Kecamatan Mlonggo. Foto: Diskominfo Jepara.

Bupati Jepara Dian Kristiandi saat silaturahmi ke desa sinanggul Kecamatan Mlonggo. Foto: Diskominfo Jepara.

Bupati Jepara: Jangan Takut Divaksin

Anak-anak harus didorong oleh para sesepuh untuk menggerakkan dan memanfaatkan musala dengan baik.

Selasa, 14 September 2021 | 22:07 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Jepara – Hal tersebut disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi saat silaturahmi ke desa sinanggul Kecamatan Mlonggo.  Beberapa Kepala Perangkat Daerah turut mendampingi.Lawatannya kali ini dalam acara yang bertajuk "Musala Bergerak". Tepatnya di Musala Baitur Ridho Rt 40 Rw 08 Mlonggo, Selasa (14/9/2021).

Dalam sambutannya, Andi sapaan akrab Dian Kristiandi  meminta warga menjaga kesehatannya. Terutama dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) menjadi kebutuhan.

Tidak hanya itu, Andi juga mengajak warga yang belum divaksin agar segera melakukan vaksinasi. Meski bukan jaminan tidak terpapar Covid-19, sejauh ini vaksinasi terbukti aman.

BERITA TERKAIT:
Dian Kristiandi: Mewujudkan Pemilu Bersih Tanggung Jawab Bersama
Dian Kristiandi: Penyelenggaraan PTM Akan Segera Kita Evaluasi
Kampanyekan World Cleanup Day, Dian Kristiandi Edukasi Warga Pilah Sampah
Kwarcab Pramuka Jepara Bantu 10 Ribu Air Kepada Warga Clering dan Sumberrejo
Dian Kristiandi Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang
Bupati Jepara Apresiasi Peran Toga Tomas dalam Pencegahan Covid-19 di Jepara
Muncul Kluster Pendidikan, Dian Kristiandi Putuskan PTM Ditutup Sementara

"Jangan takut divaksin. Yang belum divaksin segera. Vaksinasi aman. Kalau perlu kita fasilitasi untuk vaksinasi di sini," kata dia.

Lanjut Andi, dirinya merupakan orang pertama yang divaksin. Namun orang nomor satu di Jepara ini menceritakan pernah terpapar Covid-19. Bahkan keluarganya juga terkena virus corona.

Menurutnya, hal tersebut dapat mengurangi risiko yang ada. Lansia dan ibu hamil (bumil) menjadi sasaran vaksinasi. Karena keduanya rentan terpapar. Paling tidak untuk membentuk herd imunity (kekebalan tubuh).

Dia menambahkan, warga yang ingin divaksin bisa datang di halaman kantor Bupati 15-17 September jam 08.00 sampai jam 11.00 siang. Pemerintah Kabupaten Jepara menggelar vaksinasi Covid-19 Dosis 1 untuk masyarakat umum. Kami diprioritaskan lansia dan masyarakat rentan (risiko tinggi) peserta dengan komorbid (penyakit penyerta atau bumil. Peserta bisa mendaftar dengan cara melalui tautan s.id/vaksinlansia1.

"Silahkan mendaftar dan datang lebih pagi. Kami akan melayani masyarakat yang ingin divaksin," ujar Andi.

Disisi lain, Andi menghimbau para orangtua serius mengontrol pergaulan anaknya. Sebab, kini tantangan sosial yang dihadapi oleh generasi sekarang jauh lebih berat dibandingkan dengan era sebelumnya. Apalagi kita menatap arus globlalisai dan digitalisasi.

"Anak-anak kita sekarang tantangan sosialnya cukup berat. Jika tidak diawasi dengan benar, maka akan berbahaya. Penggunaan gadget jika tidak dikontrol, maka bisa digunakan untuk hal-hal negatif. Harapan saya peran orang tua sangat diperlukan dalam mengawasi," tuturnya.

Anak-anak, lanjut Andi, harus didorong oleh para sesepuh untuk menggerakkan dan memanfaatkan musala dengan baik. Pemerintah, kata dia, berkeinginan dan memohon dukungan dari lingkungan untuk kembali menghidupkan pergerakan musala agar tidak hanya digunakan salat berjamaah saja. Melainkan juga digunakan untuk hal-hal positif lainnya.

Musala harus  benar-benar digerakkan. Terbukti, setelah kegiatan masyarakat dilonggarkan kegiatan seperti pengajian ibu-ibu, pengajian anak-anak hingga kegiatan lainnya mulai berjalan. Ini harus ditiru dan disebarluaskan ke wilayah-wilayah lain di Jepara.

"Silahkan Musala ini diisi kegiatan positif. Agar anak-anak kita menjadi generasi penerus yang berakhlakul karimah," tegasnya.

Dalam kegiatan "Musala Bergerak" ini, Andi menempelkan stiker 5M. Pihaknya juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga. Beberapa diantaranya bantuan logistik, bibit pohon, RTLH, hingga kursi roda.


tags: #jepara bangkit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI