Gus Yasin Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik, Ini Alasannya!

Gus Yasin memaklumi petani tidak bisa langsung beralih ke pupuk organik.

Rabu, 15 September 2021 | 05:27 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, mendorong petani untuk menggunakan pupuk organik. Hal tersebut disampaikannya untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat. 

"Kemarin saya dengar langsung dari Pak Mentan Yasin Limpo saat penghargaan Bidang Pertanian 2021. Beliau mengatakan bahwa produksi pupuk masih belum bisa mencukupi, baru sekitar 50 persen. Maka dari itu, selain menggunakan pupuk dari pemerintah, mari kita gunakan pupuk organik," kata Gus Yasin, di kantor dinasnya, Selasa (14/09/2021).

Gus Yasin menyebut Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan beberapa upaya agar para petani menggunakan pupuk organik. Salah satunya adalah dengan pelatihan pembuatan pupuk organik. Menurutnya, penggunaan pupuk organik merupakan salah satu langkah untuk pemakaian tanah yang berkelanjutan.

BERITA TERKAIT:
Vita Ervina : Perlu Pemupukan Berimbang untuk  Pertanian Sehat
Gus Yasin Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik, Ini Alasannya!
Harga Anjlok, ASN Kabupaten Brebes Borong Cabai Rawit Petani
Ribuan Ikan di Kedung Ombo Mati Mendadak, Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rupiah
Terjadi Lagi, Petani Asal Sragen Tewas Kesetrum Jebakan Tikus
Jutaan Petani Gurem Jateng Berpenghasilan Rp 380 Ribu/Bulan, DPRD: Regulasi Mesti Direvisi
Musim Panen Tembakau, Bupati Temanggung Ingatkan Petani Jangan Salah Pilih Bakul

Meski demikian, Gus Yasin memaklumi petani tidak bisa langsung beralih ke pupuk organik. oleh karenanya, dia tetap meminta agar pembagian pupuk bersubsidi dari pemerintah dapat dilakukan secara merata. 

"Nanti pelan-pelan, sembari program kita dorong terus agar petani mulai memproduksi pupuk organik dan menggunakannya," jelasnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Tri Susilarjo, mengatakan pihaknya juga mendorong petani untuk melakukan perbaikan struktur dan kesuburan tanah melalui penggunaan pupuk organik.

"Sehingga ketergantungan pupuk anorganik dapat dikurangi. Pupuk anorganik menyebabkan kondisi tanah kurus dan tidak subur," kata Tri.


tags: #petani #taj yasin maimoen #pupuk organik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI