Wapres Maruf Amin.

Wapres Maruf Amin.

Wapres: Sektor Pariwisata Paling Terpukul Selama Pandemi

Untuk Indonesia jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2020 hanya mencapai 4,02 juta kunjungan atau turun 75,03 persen

Rabu, 15 September 2021 | 13:38 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- pariwisata menurut Wakil Presiden Maruf Amin, menjadi sektor paling terdampak dalam pandemi. Menurutnya penurunan wisatawan pada tahun 2020 menjadi hal yang terberat bagi industri pariwisata global.

"Data UNWTO menunjukkan jumlah wisatawan internasional menurun 74 secara global persen akibat pandemi, dengan kehilangan potensi pendapatan mencapai Rp 1,3 T USD serta 100-120 juta pekerja pariwisata kehilangan pekerjaannya," ucapnya.

Maruf Amin menyampaikan itu dalam acara Global Tourism Forum, pada Rabu (15/9/2021). Namun dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah bagi global tourism forum 2021, membuat Wapres memberikan apresiasi serta menjadi kehormatan Indonesia mendapatkan kepercayaan itu. 

BERITA TERKAIT:
Wapres: Sektor Pariwisata Paling Terpukul Selama Pandemi
Jateng Tertinggi Nilai Ekspor Pertanian, Distanbun: Berkat Upaya yang Kita Lakukan
Wapres: Meski Banyak Produk Syariah, Namun Banyak Masyarakat Masih Ragu
Wapres: Pemerintah Terus Dukung Implementasi Jamsostek untuk Pekerja
Wapres: Pemerintah Siapkan Skenario Penanganan Endemi Covid-19
Wapres: Pemerintah Dorong Pelaksanaan PTM di Perguruan Tinggi
Wapres: MPR Harus Miliki Peran Sentral Kawal Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Penurunan kunjungan wisata juga dirasakan di Indonesia. "Untuk Indonesia jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2020 hanya mencapai 4,02 juta kunjungan atau turun 75,03 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 16,11 juta kunjungan," katanya.

Maruf kemudian membahas pemulihan pariwisata Indonesia tahun 2021, salah satunya dengan memasifkan vaksinasi. Wapres berharap vaksinasi akan menjadi game changer di sektor pariwisata. "Hal ini akan menjadi game changer bagi sektor pariwisata," ujarnya.

Selain itu pemerintah juga memberikan prioritas pada aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dan vaksin. "Program vaksinasi juga diharapkan mampu menjadi basis yang kuat. Menuju pemulihan sektor pariwisata, serta menciptakan optimisme masyarakat namun tetap dengan melaksanakan prokes dengan ketat dan disiplin," bebernya.

Guna mencapai herd immunity pada akhir tahun 2021 ditargetkan masyarakat yang telah ikut vaksinasi sebesar 77 persen atau sekitar 208 juta dari penduduk Indonesia.


tags: #wakil presiden #maruf amin #pariwisata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI