Ilustrasi hujan es, Foto: Istimewa

Ilustrasi hujan es, Foto: Istimewa

Banjarnegara Diguyur Hujan Es

Fenomena hujan es ini terjadi diiringi meningkatnya suhu udara di pagi hari dan hujan lebat pada waktu siang hingga sore hari.

Rabu, 15 September 2021 | 16:16 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Banjarnegara - hujan es mengguyur Banjarnegara Jawa Tengah, Rabu (15/9) siang. Berikut ini penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal fenomena alam tersebut.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko menyebut fenomena alam hujan es merupakan hal yang wajar. Terutama saat masa peralihan musim kemarau ke musim hujan.

"Ini sebenarnya hal yang wajar, saat masa transisi pancaroba sering terjadi fenomena alam seperti hujan es," ungkapnya, Rabu (15/9).

BERITA TERKAIT:
Banjarnegara Diguyur Hujan Es
Wah, Ada Hujan Es di Jatingaleh Semarang
Hujan Es Batu Hebohkan Warga Brebes
Hujan Es di Yogyakarta Karena Adanya Pertumbuhan Awan Cumulonibus
Dilanda Hujan Es Dua Hari, Ini Penjelasan BMKG Yogyakarta 
Yogyakarta Dilanda Hujan Es
Kawasan Wisata Tawangmangu Karanganyar Dilanda Hujan Es

Biasanya, kata dia, fenomena hujan es ini terjadi diiringi meningkatnya suhu udara di pagi hari dan hujan lebat pada waktu siang hingga sore hari. Kondisi ini akan berdampak pada fenomena alam hujan es, hingga terjadinya puting beliung.

"Pagi hari suhunya panas, dan siangnya hujan lebat. Jadi wajar terjadi wajar ada hujan es. Biasanya kalau tidak terjadi hujan es itu angin puting beliung. Dan tanda-tandanya yang lain pasti disertai hujan lebat," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika (BMKG) Banjarnegara Setyoajie Prayoudhie menambahkan berdasarkan analisa sementara, tidak ada potensi berbahaya atas terjadinya fenomena alam tersebut. Untuk itu, ia mengimbau warga tidak perlu khawatir menyikikapi fenomena alam hujan es tersebut.

"Tidak ada potensi berbahaya. Jadi kami imbau warga untuk tidak perlu khawatir dengan terjadinya hujan es," pungkasnya.


tags: #hujan es #banjarnegara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI