Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy didampingi Bupati Idza Priyanti secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada perwakilan pelaku pariwisata di Pendapa Kabupaten Brebes, Rabu (15/9/2021). Foto. Eko S/kuasakata.com

Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy didampingi Bupati Idza Priyanti secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada perwakilan pelaku pariwisata di Pendapa Kabupaten Brebes, Rabu (15/9/2021). Foto. Eko S/kuasakata.com

BI Tegal Salurkan Bantuan Paket Sembako Bagi 450 Pelaku Pariwisata Kabupaten Brebes

Bank Indonesia berharap melalui kegiatan Program Sosial Bank Indonesia ini, dapat membantu meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Brebes.

Rabu, 15 September 2021 | 19:41 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASATAKACOM, Brebes- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) menggelar acara Vaksinasi dan Serah Terima Program Sosial BI kepada Masyarakat Pelaku Pariwisata  Terdampak Covid 19 di Kabupaten Brebes, Rabu (15/9/2021). Sebanyak 450 pelaku pariwisata mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dibagi dalam dua tempat, yakni Islamic Center dan Pendapa Kabupaten Brebes. Setelah divaksin, para pelaku pariwisata ini mendapatkan paket sembako dari KPw BI Tegal.

Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama, Pandemi Covid-19 sampai dengan saat ini masih melanda bumi pertiwi dan memberikan dampak yang signifikan bagi tatanan kehidupan dan perekonomian di Indonesia. "Covid-19 menyebabkan penurunan kesempatan kerja yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun," terangnya.

Untuk menahan tekanan tersebut, lanjut Taufik, segenap upaya dilakukan Bank Indonesia bersinergi dengan pemerintah terkait salah satunya melalui Program Sosial Bank Indonesia

BERITA TERKAIT:
Kasus Uang Palsu di Boyolali, Terbanyak dalam Tiga Tahun Terakhir
BI Tegal Salurkan Bantuan Paket Sembako Bagi 450 Pelaku Pariwisata Kabupaten Brebes
BI dan PBC Resmi Implementasikan LCS
Bank Indonesia Tegal Gelar Sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah
Upaya Bangun Ekosistem dan Keuangan Digital, BI Tegal Gelar Sampan Digifest 2021
Muncul Penolakan Uang Pecahan Rp 75 Ribu, Begini Tanggapan BI
BI: PPKM Picu Deflasi di Cilacap dan Purwokerto

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada hari ini, 15 September 2021 dilakukan serah terima bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) secara simbolis yang akan didistribusikan kepada masyarakat dan pelaku usaha pariwisata yang terdampak COVID-19 di wilayah Kabupaten Brebes," paparnya.

Dijelaskan, kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.
"bantuan yang diberikan berupa 450 paket sembako senilai Rp83.925.000,00. Dalam rangka memenuhi peningkatan gizi dan kesehatan, masing-masing penerima bantuan akan memperoleh paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, serta mie instan10 bungkus," terangnya.

Taufik mengemukakan, Bank Indonesia berharap melalui kegiatan Program Sosial Bank Indonesia ini, dapat membantu meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Brebes sehingga menurunkan resiko penularan Covif-19. 

"Selain itu juga, semoga bantuan PSBI ini dapat membuat aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar sehingga dapat tetap produktif meskipun ditengah pandemi Covid-19," tandasnya.

Diharapkan, lanjut Taufik,  para pelaku usaha dapat memanfaatkan kesempatan penjualan online dan pembayaran secara non tunai untuk meningkatkan pangsa pasarnya sehingga usaha tidak semakin terpuruk akibat pandemi Covif-19. Namun justru dapat memanfaatkan momen ini sebagai peluang.

Sementara, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menegaskan,  ada sekitar 50 tempat wisata se-Kabupaten Brebes yang belum dibuka. Hal itu, dikarenakan Kabupaten Brebes ini masih masuk PPKM level 3. Mereka diundang untuk mengikuti vaksinasi.

“Kita undang mereka. Alhamdulillah, dari Bank Indonesia memberikan 200 ribu per-orang berupa sembako, dari Baznas yakni uang saku .Terus dari Pemerintah Daerah, kita vaksin mereka. Termasuk dari Bank Jateng juga,” ucapnya.

Ia.menambahkan, meskipun tempat wisata di Brebes masih tutup akibat penerapan PPKM, pihaknya berharap, para pelaku wisata terus semangat dan tetap melakukan kegiatan lain yang sifatnya untuk meningkatkan ekonomi.

"Selama PPKM, mereka yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata, baik pedagang, tukang karcis, tukang parkir, petugas kebersihan dan lainnya terdampak akibat penutupan tempat wisata," bebernya.

Dikatakan, saat ini, untuk PPKM level 3 dan level 4 tempat wisata belum boleh dibuka. Brebes masih level 3 untuk penerapan PPKM, jadi belum bisa dibuka.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Brebes yaitu mengundang sekitar 450 pelaku wisata untuk mengikuti vaksinasi. Usai divaksin, mereka juga mendapat bantuan sembako dan uang saku.

"Jadi hari ini total keseluruhan 450 orang yang mendapatkan bantuan sembako dari KPw BI Tegal, Baznas dan dari Bank Jateng. Mereka juga divaksin,” pungkas Bupati.


tags: #bank indonesia #bantuan #paket sembako #kpw bi #kabupaten brebes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI