WBP di Lapas Semarang Jalani Tes HIV. Mengapa?

Lapas Semarang tidak hanya bekerjasama untuk melakukan pemeriksaan namun juga dalam hal edukasi dan pendampingan.

Jumat, 17 September 2021 | 03:51 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar pemeriksaan (Human Immunodeficiency Virus) HIV untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (16/9/2021). Acara ini digelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Salah satu petugas dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Anggun mengatakan pemeriksaan ini setidaknya wajib dilaksanakan minimal sekali dalam 1 tahun. Tujuannya sebagai upaya deteksi dini dan juga sebagai pemenuhan standar pelayanan minimum kesehatan khususnya bagi warga binaan di Lapas Semarang.

“Ini merupakan salah satu kewajiban pemerintah daerah terkait standar pelayanan minimum di bidang kesehatan. Warga binaan di lapas masuk dalam kategori populasi dengan resiko tinggi. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan HIV pada kelompok popusilasi resiko tinggi ini setidaknya sekali dalam 1 tahun,” ungkap Anggun.

BERITA TERKAIT:
Lapas Semarang Gelar Lomba Keagamaan untuk Napi
Lapas Semarang Gelar Pertandingan Futsal Antara Petugas vs Napi
Sedang Patroli Keamanan, Petugas Lapas Ini Temukan Sabu 17 Gram dan Obat Keras
Lapas Semarang Gelar Pelatihan Kemandirian untuk Napi
Ikuti Seminar Kemenkumham RI, Lapas Semarang: untuk Indonesia Lebih Baik
Antisipasi Gangguan Keamanan, Lapas Semarang Pasang Enam CCTV Tambahan
Sedang Patroli, Petugas Lapas Temukan 100 Gram Sabu

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto mengatakan bahwa Lapas Semarang tidak hanya bekerjasama untuk melakukan pemeriksaan namun juga dalam hal edukasi dan pendampingan.

“Dalam hal edukasi, kami telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Salah satunya dengan memberikan penyuluhan, sosialisasi dan pendampingan kepada warga binaan,” jelas Supriyanto.

Nantinya, kata dia, jika dari hal pemeriksaan ada yang terjangkit, akan segera dilakukan assesment lanjutan dan akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk dapat mengikuti pengobatan.

“Hal ini merupakan komitmen Lapas Semarang dalam memberikan pelayanan yang prima juga setulus hati dan memberikan pelayanan pada masyarakat yang berorientasi pada kepuasan masyarakat,” tandasnya.


tags: #lapas kelas i semarang #wbp #hiv #dinas kesehatan kota semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI