Yahya Waloni, Foto: Istimewa

Yahya Waloni, Foto: Istimewa

Yahya Waloni Sidang Praperadilan Besok

Prosedur penangkapan terhadap Yahya Waloni perlu diuji di praperadilan.

Minggu, 19 September 2021 | 19:45 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Sidang praperadilan perdana Yahya Waloni atas kasus penistaan agama digelar besok, Senin (20/9). 

"Besok sesuai jam 09.30 WIB, ini kan sidang pertama ya pembacaan permohonan dari kami, kemudian mereka menjawab," ungkap Kuasa hukum Yahya Waloni, Abdullah Al Katiri, Minggu (19/9).

Al Katiri menerangkan praperadilan ini dilakukan untuk menguji terkait prosedur penangkapan terhadap kliennya yang dilakukan oleh Polri. Menurut Al Katiri, penangkapan tanpa pemanggilan terlebih dahulu semestinya tidak dilakukan, mengingat kliennya itu bukan teroris atau tindak pidana korupsi yang membahayakan orang banyak.

BERITA TERKAIT:
Maafkan Yahya Waloni, PGI: Semoga Jadi Pembelajaran
Mengaku Menyesal, Yahya Waloni Minta Maaf ke Kaum Nasrani
Yahya Waloni Sidang Praperadilan Besok
Terjerat Kasus Penistaan Agama, Yahya Waloni Ajukan Praperadilan
Kondisi Membaik, Yahya Waloni Segera Dikembalikan ke Bareskrim
Pembengkakan Jantung, Istri Temani Yahya Waloni di RS Polri
Pembengkakan Jantung, Yahya Waloni Dilarikan ke RS Polri

"Ya begini sebenarnya untuk proses, itu kan harus sesuai dengan Undang-undang sesuai dengan KUHAP ya, yang bisa ditangkap langsung kan, tertangkap tangan atau mungkin tindak pidana ya membahayakan orang banyak, maksudnya seperti teroris atau korupsi dan sebagainya yang merugikan negara, itu mungkin dimungkinkan," ujar Al Katiri.

"Kalau ini kan harusnya melalui proses yang sesuai dengan undang-undang, yaitu adanya pemanggilan, bahkan pemanggilan itu 3 kali ya, pertama, kedua, ketiga , tidak ada laporan itu," imbuhnya.

Prosedur penangkapan terhadap Yahya Waloni, kata dia, perlu diuji di praperadilan. Nantinya, majelis hakim akan memutus apakah permohonan kliennya ini ditolak atau diterima.

"Karena ini langsung ditangkap dan sebagainya, maka diuji, apakah benar langkah-langkah mereka ini, kalau memang langkah-langkah ini benar permohonan kami akan ditolak, tapi kalau benar ya kemungkinan diterima," pungkasnya.


tags: #penistaan agama #yahya waloni

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI