Ilustrasi PPKM Darurat, Foto: Istimewa

Ilustrasi PPKM Darurat, Foto: Istimewa

Boyolali Belum Izinkan Objek Wisata Buka

Objek-objek wisata di Boyolali belum ada yang memiliki sertifikasi CHSE.

Minggu, 19 September 2021 | 14:59 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Boyolali -  Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali Jawa Tengah masih belum mengizinkan objek wisata dibuka meski berstatus PPKM Level 3.

objek wisata di Boyolali antara lain Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Kedung Cinta Wana Wisata Kedung Ombo Kemusu, Waduk Cengklik Ngemplak dan Desa Wisata Selo Boyolali serta objek wisata pemandian Umbul Pengging Banyudono.

Sementara objek wisata yang dikelola Disporapar Boyolali antara lain wisata air dan pemancingan Tlatar, Selo meliputi Joglo dan Bungalow. Sedangkan, Objek Waduk Cengklik dan Umbul Pengging ditangani pihak ketiga. Sedangkan, objek Kedung Cinta Wana Wisata di Kedung Ombo kerja sama dengan Disporapar Boyolali, Perhutani, dan Badan Usaha Milik Desa (Bumkdes) setempat.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Banyumas Izinkan Objek Wisata Buka
Kabar Baik, Boyolali Mulai Buka Objek Wisata Terbatas
Gus Yasin: Jangan Sampai Ada Tsunami Covid-19
Alhamdulillah, Pemkab Buka Objek Wisata di Klaten
Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Pilihan Kemenparekraf
Pemkab Boyolali Buka Objek Wisata secara Bertahap
Jumlah Pengunjung Objek Wisata di Kudus Dibatasi 30 Persen

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali Supana menyebut uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut telah diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beberapa objek wisata sudah diizinkan dibuka tetapi dengan syarat objek wisata yang sudah sertifikat "Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability" (CHSE) atau kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan.

Disporapar Boyolali kemudian menyisir objek-objek wisata di wilayahnya ternyata belum ada yang memiliki sertifikasi CHSE. Sehingga Boyolali, tidak termasuk daerah yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk uji coba operasional.

"Jadi objek wisata Boyolali permasalahannya pada sertifikasi CHSE," katanya, Minggu (19/9).

Untuk itu, Pemkab Boyolali untuk pembukaan objek wisata masih menunggu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Instruksi Bupati Boyolali, karena hingga sekarang Boyolali masih di level 3.


tags: #objek wisata #boyolali

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI