Pengurus Koperasi Jangan Gagap Teknologi

Bupati juga mengingatkan, agar koperasi semakin meningkatkan kemampuan dalam membaca berbagai perubahan.

Rabu, 22 September 2021 | 22:40 WIB - Ekonomi
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes Drs Zaenudin MSi menandaskan, sejak Virus Corona (Covid-19) mewabah, interaksi komunikasi dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Oleh karena itu, masyarakat harus mampu menguasai TIK, tak terkecuali, bagi pengurus koperasi. Terutama dalam pembukuan dan pemasaran produk dengan menggunakan TIK maka jangan sampai gagap teknologi.
 
"Masyarakat cenderung memanfaatkan teknologi dalam melakukan segala aktifitasnya. Teknologi informasi itu, bisa dimanfaatkan pengurus koperasi guna mensosialisasikan, mempromosikan produk dan eksistensi koperasi di media sosial," kata Zaenudin di acara Hari Koperasi Ke-74 Tahun 2021 di Gedung Korpri, Brebes, Rabu (22/9/2021l).

Dikatakan, untuk mempertahankan eksistensi koperasi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain memperbanyak pembinaan internal, perketat pengawasan penggunaan keuangan dan memperluas cakupan keanggotaan. "Di Kabupaten Brebes terdapat 384 koperasi dengan status masih aktif sejumlah 310 koperasi dan 74 koperasi non aktif," ucapnya.

BERITA TERKAIT:
Bupati Idza Pantau Tanggul Rawan Jebol
Bupati Idza Priyanti: Capaian Vaksin di Kabupaten Brebes Baru 45 Persen dari Target 1,5 Juta Jiwa
Pemkab Brebes Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Alam
Peringati Sumpah Pemuda, Bupati Idza Tanam Bibit Pohon di Jalingkut Brebes Sepanjang 17 Kilometer
Kunjungi Kabupaten Brebes, Wagub Jateng Salurkan Berbagai Ragam Bantuan
Gaet Peternak Milenial, Pemkab Brebes Gelar Festival Domba Sakub
Bupati Idza Priyanti: Syarat Pembukaan Obyek Wisata Harus Menyandang PPKM Level 2

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH melalui Asisten Sekda bidang Ekonomi Pembangunan Tety Yuliana menyampaikan terima kasih kepada para pegiat koperasi karena telah merawat koperasi hingga 74 tahun.

"Bertambahnya usia, semoga koperasi di Kabupaten Brebes semakin tumbuh, berkembang, dan maju. Sehingga memberikan nilai penguatan ekonomi masyarakat terutama di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," tandas Bupati.

Bupati juga mengingatkan, agar koperasi semakin meningkatkan kemampuan dalam membaca berbagai perubahan. Seperti adanya kebijakan pasar bebas, yang mengharuskan mengambil langkah bijaksana. Karena di satu sisi tantangan yang cukup berat, di sisi lain merupakan peluang emas untuk membuka pasar baru.

Bupati juga berpesan agar tetap waspada di masa pandemi Covid-19 karena masih pada level 3 PPKM. Masyarakat harus selalu berhati-hati, disiplin melaksanakan protokol kesehatan sebagai upaya melindungi diri dan lingkungan sekitar dengan selalu menjaga 5M. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Seminar yang diikuti 50 Ketua Koperasi di Kabupaten Brebes mendatangkan narasumber Praktisi LSP KJK yang juga mantan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Setyo Heriyanto.


tags: #bupati brebes hj idza priyanti #kabupaten brebes #dinas koperasi usaha mikro dan perdagangan #ppkm

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI