Ilustrasi wayang kulit, Foto: Istimewa

Ilustrasi wayang kulit, Foto: Istimewa

Deskranasda Pekalongan Fasilitasi Pemasaran Wayang Kulit

Dekranasda kagum terhadap kerajinan wayang kulit yang berkualitas tinggi yang diproduksi oleh para perajin tersebut.

Kamis, 23 September 2021 | 15:58 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Pekalongan -  Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah siap memfasilitasi pemasaran kerajinan wayang kulit yang diproduksi oleh pelaku usaha industri kecil dan menengah di daerah setempat.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Mukhtharuddin Ashraff Abu mengatakan bahwa wayang kulit merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang semakin langka sehingga perlu dikembangkan dan dilestarikan.

BERITA TERKAIT:
Himpunan Mahasiswa Bahasa Jawa UPGRIS Gelar Worksop Mengenal dan Teknik Memainkan Wayang
Siap-siap! Festival Dalang Bocah bakal Digelar di Boyolali November Mendatang
Pangelaran Wayang Kulit Meriah Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten
Meriahkan Hari Jadi ke-219, Pemkab Klaten Gelar Pagelaran Wayang Kulit
Festival Gunung Kemukus Ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

"Oleh karena, kami siap mencoba memfasilitasi dalam pemasaran kerajinan wayang kulit dan melakukan pelatihan pada para perajin," katanya, Kamis (23/9).

Lebih lanjut, ia kagum terhadap kerajinan wayang kulit yang berkualitas tinggi yang diproduksi oleh para perajin tersebut. "Karena itu, jangan sampai kerajinan wayang kulit ini hilang karena tidak ada perajin penerusnya. wayang kulit adalah budaya Indonesia yang sudah turun menurun," imbuhnya.

Asraff mengatakan pihaknya merasa bahagia karena perajin wayang kulit masih berusia muda sehingga kerajinan tersebut perlu terus dilanjutkan bagi generasi muda lainnya.

Dekranasda, lanjut dia, siap bekerjasama dengan para perajin wayang kulit dengan memberikan pelatihan bagi pemuda karena mereka memiliki banyak ide dan ketrampilan untuk memproduksi wayang.

"Kami khawatir kerajinan wayang kulit ini akan semakin langka, apalagi bagi usia muda. Oleh karena, kami akan terus mendorong mereka untuk mengembangkan kerajinan wayang kulit," pungkasnya,


 

***

tags: #wayang kulit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI