Menko Polhukam Mahfud Md, Foto: Istimewa

Menko Polhukam Mahfud Md, Foto: Istimewa

Mahfud MD Koreksi Istilah Kriminalisasi Ulama

Mahfud meminta publik menanggapi hal ini dengan kepala dingin.

Minggu, 26 September 2021 | 15:36 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD amengoreksi istilah kriminalisasi ulama. Menurutnya istilah itu salah kaprah. Hal ini menanggapi beragam kasus yang terjadi pada ulama dan ustaz.

"Ada yang mengatakan ini merupakan gejala meningkatnya kriminalisasi terhadap ulama atau ustaz. Istilah kriminalisasi ini salah. Kalau kriminalisasi terhadap ulama atau ustaz, itu berarti ulama atau ustaz tidak melakukan kegiatan apa-apa lalu dituduh melakukan tindak kriminal. Itu namanya kriminalisasi," ungkapnya, Minggu (26/9).

"Yang terjadi belakangan ini justru orang yang disebut ustaz atau tokoh atau tempat ibadah itu menjadi korban dari sebuah kegiatan kriminal yang nyata," sambungnya.

BERITA TERKAIT:
Mahfud MD Sebut Pinjol Ilegal Sebar Foto Porno untuk Tagih Utang Akan Dijerat UU ITE
Mahfud MD Berharap USM Bisa Bangun SDM Unggul dalam Keilmuan dan Karakter
Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Pinjol Ilegal
Panitia G-20, Luhut dan Mahfud Tukar Posisi
Mahfud MD Sebut Kalau Jawab Kritik, Jangan Dibilang Antikritik
Mahfud MD Pesan Warga Tak Usah Bayar Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Jadi Korban
Mahfud MD Sebut Istilah Mafia Peradilan Berubah Jadi Mafia Hukum di Era SBY

Untuk itu, Mahfud meminta publik menanggapi hal ini dengan kepala dingin. Mahfud mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudah terprovokasi. "Oleh sebab itu, kita semua harus hati-hati, aparat hati-hati, masyarakat hati-hati jangan terprovokasi. Kita ini harus menjadi keutuhan dan kedamaian di negara ini," kata Mahfud.

Di sisi lain, Mahfud meminta aparat penegak hukum bertindak tegas. Siapa pun pelaku kriminal yang menyasar ulama atau ustaz harus dihukum. "Saya tegaskan tadi satu, siapa pun pelakunya supaya ditangkap dan diproses," pungkasnya.


tags: #mahfud md #kriminalisasi ulama

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI