Ilustrasi rokok ilegal. Foto: Istimewa.

Ilustrasi rokok ilegal. Foto: Istimewa.

Kasus Rokok Ilegal di Sukoharjo, Jutaan Batang Rokok Tanpa Cukai Disita

Pemilik rokok ilegal inisial SO kini telah ditetapkan menjadi tersangka.

Kamis, 07 Oktober 2021 | 14:32 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Sukoharjo – Bea Cukai Surakarta membongkar kasus rokok ilegal di Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (4/10/2021). Dalam kasus ini,petugas mengamankan sebanyak 1.122.800 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai maupun dilekati pita cukai palsu dengan berbagai merk.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso mengatakan, penindakan ini sebagai Operasi Gempur 2021. "Sepanjang tahun 2021 ini Bea Cukai Surakarta telah melakukan penindakan sebanyak 68 kali.” tuturnya.

Total hasil penindakan yang dilakukan adalah sebesar 5,2 juta batang, dengan total perkiraan kerugian negara senilai lebih 3 miliar. "Diharapkan dengan penegakan hukum yang konsisten serta penerapan kebijakan yang tepat, produksi serta peredaran rokok ilegal dapat ditekan dan penerimaan negara dari sektor cukai bisa ditingkatkan.” ujarnya.

BERITA TERKAIT:
Kejari Kudus Tangani Tiga Kasus Rokok Ilegal
Kasus Rokok Ilegal di Sukoharjo, Jutaan Batang Rokok Tanpa Cukai Disita
Pemkab Klaten Targetkan Bebas Rokok Tanpa Cukai
Semua Kampung di Wonosobo Harus Bebas dari Peredaran Rokok Illegal
Tim Gabungan Sita Rokok Ilegal di Boyolali
Petugas Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Truk Muatan Ambulance Rusak
Bea Cukai Semarang Gagalkan Penyelundupan Jutaan Batang Rokok di Tol Srondol - Jatingaleh

Sementara itu, Hari Prijandono selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta menerangkan bahwa petugas menemukan berbagai rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang siap dipasarkan.

Hari mengatakan, pemilik rokok ilegal inisial SO kini telah ditetapkan menjadi tersangka. Sementara dua karyawannya sebagai sanksi. "Dari hasil pemeriksaan lebih mendalam, So juga menjalankan usaha menimbun dan menjual rokok ilegal dengan jaringan peredaran di wilayah Solo Raya dan ke luar Jawa." terangnya.

Akibat aksi tersangka, negara berpotensi mengalami kerugian mencapai Rp 752.635.000. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, SO dijerat hukuman dengan pelanggaran Pasal 54 dan 56 berdasarkan UU Cukai Nomor 39 tahun 2007.


tags: #rokok ilegal #bea cukai surakarta #budi santoso #hari prijandono

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI