Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Foto: Istimewa

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Foto: Istimewa

Jelang Tahun Baru, Pemerintah Akan Kebut Vaksinasi Lansia

Presiden Jokowi juga mewanti-wanti agar menjelang Natal dan tahun baru jangan sampai lepas kendali.

Senin, 11 Oktober 2021 | 17:12 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Pemerintah pusat akan mempersiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu caranya dengan meningkatkan vaksinasi Covid-19 kepada lansia agar mengurangi angka kematian dan perawatan jika terjadi lonjakan kasus.

"Perlu saya jelaskan kita semua sebentar lagi akan dihadapkan pada libur Natal dan Tahun Baru, di mana biasanya peningkatan kasus sering terjadi setelah adanya acara keagamaan dan libur panjang," ungkap Luhut dalam pemaparannya melalui YouTube Setpres, Senin (11/10).

BERITA TERKAIT:
Vaksinasi Lansia di Purbalingga Capai 70 Persen
Kudus Target Vaksinasi Lansia Capai 60 Persen, Baru Vaksinasi Anak
Vaksinasi Lansia di Temanggung Capai 60 Persen
Pemkab Kudus Target Vaksinasi Lansia 60 Persen
Bertahan di PPKM Level 3, Pemkab Kudus Ngaku Kesulitan Vaksinasi Lansia

Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar segera dipersiapkan strategi menghadapi Natal dan Tahun Baru. Dia menyebut salah satu strateginya adalah mempercepat vaksinasi kepada lansia.

"Presiden dalam ratas ini berpesan agar segera ditentukan strategi menghadapi Natal dan Tahun Baru. Untuk antisipasi Natal dan Tahun Baru tingkat vaksinasi lansia perlu terus dikejar, terutama untuk wilayah aglomerasi dan pusat pusat pertumbuhan ekonomi," tukasnya.

"Sehingga jika terjadi gelombang berikutya, maka angka kematian dan perawatan di rumah sakit dapat ditekan," sambungnya.

Tak hanya itu, ia menyebut Presiden Jokowi juga mewanti-wanti agar menjelang Natal dan Tahun Baru jangan sampai terjadi lepas kendali. Jokowi, kata Luhut, meminta agar kasus harian dipertahankan serendah mungkin secara konsisten.

"Dalam arahannya Presiden mengingatkan kepada kami para pembantunya agar jangan terjadi lepas kendali di tengah situasi seperti sekarang ini, pertahankan kasus serendah mungkin dalam waktu yang lama dan harus secara konsisten," tutupnya.

***

tags: #vaksinasi lansia #tahun baru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI