Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo.

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo.

Sekda Wonosobo: OPD Harus Kuatkan Pengawasan Internal

Penerapan disiplin ASN yang tinggi dalam upaya pencapaian tujuan dalam rangka menciptakan pelayanan yang berkualitas sangat dibutuhkan.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:51 WIB - Ragam
Penulis: Emhaka . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo- Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo, menekankan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menguatkan pengawasan internal (internal quality assurance), dalam rangka mendisiplinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya.

Demikian ditegaskan Sekda saat membuka sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor :94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Ruang Mangoenkoeseomo Setda. Acara tersebut diikuti puluhan ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo.

Lebih lanjut Sekda menegaskan ada hubungan yang sejalan antara disiplin, kinerja dan pelayanan publik secara holistik. Nilai budaya disiplin kerja sangat mewarnai perilaku ASN, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.

BERITA TERKAIT:
Sekda Wonosobo: OPD Harus Kuatkan Pengawasan Internal

"Maka dari itu penerapan disiplin ASN yang tinggi dalam upaya pencapaian tujuan dalam rangka menciptakan pelayanan yang berkualitas sangat dibutuhkan. Perlu ada internal quality assurance di setiap OPD," kata dia. 

Mengingat, imbuh One Andang, organisasi akan berhasil melaksanakan program-programnya, apabila tiap individu yang bekerja dalam organisasi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sesuai dengan bidang dan tanggung jawab masing-masing. 

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas tersebut, para ASN perlu diberikan arahan dan dorongan. Sehingga potensi yang ada dalam dirinya dapat diubah menjadi potensi yang menguntungkan organisasi.

Nilai Barokah
Melalui disiplin pula, kata Sekda, dapat menjaga dan menjamin kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi, agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Yakni pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. 

Juga ada peningkatan kualitas pelayanan publik, efektifitas dan efisiensi pemerintahan, termasuk di dalamnya peningkatan kualitas pengambilan kebijakan yang dilakukan pimpinan OPD untuk dapat dilaksanakan anak buahnya.

"Tentunya apa yang sedang dan akan terus diwujudkan terkait kedisiplinan ASN selaras dengan yang diamanatkan oleh PP No : 94/2021 tentang disiplin PNS, PP yang ditetapkan dalam rangka untuk menjamin tata tertib dan kelancaran tugas PNSitu sendiri," sebutnya. 

Sehingga, tambah dia, setiap ASN dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dapat berjalan semestinya, yang pada akhirnya dapat mendukung keberhasilan pembangunan di Wonosobo maupun di seluruh Indonesia. 

"Saya minta teman-teman membantu pimpinan masing-masing untuk memotivasi kawan-kawan semua dalam meningkatkan kinerja, tolong tanamkan ke diri dan yang lain," tegasnya.

Bekerja yang baik itu, ujar One Andang, jangan semata-mata untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi mari bersemangat bekerja lebih pada ASN ingin membarokahkan apa yang diterima. 

"Sedikit kalau barokah insya Allah cukup. Banyak kalau tidak barokah pasti akan ada nafsu yang akan mengikuti. Di mulai dari disiplin lalu diikuti produktifitas kerja ditingkatkan agar kerja lebih maksimal," pungkas Sekda.
 


tags: #sekda wonosobo #one andang wardoyo #opd #asn

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI