Logo KPAI

Logo KPAI

KPAI Kecam Ibu Pukul Anak karena Tak Dapat Uang Saat Ngemis

Anak seharusnya dilindungi dan dipenuhi hak-haknya oleh orang tuanya.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:28 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Palembang - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengecam keras seorang ibu  memukul anak karena tidak mendapatkan uang saat mengemis di Palembang Sumatera Selatan. Selain masalah kekerasan, KPAI juga menyoroti eksploitasi anak.

"KPAI tentu mengecam tindakan orang tua yang di duga mengeksploitasi anaknya secara ekonomi dengan memaksa si anak menjadi pengemis atau pengamen, dan jika tidak mendapatkan uang sesuai target orangtuanya, maka si anak mengalami pemukulan," ungkap komisioner KPAI Retno Listyarti, Senin (11/10).

Ia menekankan, anak seharusnya dilindungi dan dipenuhi hak-haknya oleh orang tuanya. Hal itu agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

BERITA TERKAIT:
KPAI Kecam Ibu Pukul Anak karena Tak Dapat Uang Saat Ngemis
Terkait Kasus Cungkil Mata, KPAI: Anak Sering Jadi Korban Ilmu Hitam
Pemprov Jateng Dapat Anugrah KPAI
ABG Tewas Tertabrak Truk Gegara Konten, KPAI: Ortu Jangan Lengah
KPAI Minta Atta Halilintar Tak Buat Video dengan Narasi Negatif
Terima Kunjungan Kerja KPAI, Ganjar Soroti Soal Keterlibatan Anak Saat Demo
KPAI Kecam Aisha Weddings Terkait Anjuran Nikah Muda

"Dengan alasan apapun, tidak dibenarkan melakukan eksploitasi terhadap anak, juga tidak dibenarkan melakukan kekerasan pada anak. Kedua hal itu bisa menjadi tindak pidana, baik di UU Perlindungan anak, maupun di UU KDRT," ungkapnya, Senin (11/10).

Lebih lanjut, ia menyebut Dinas Sosial setempat perlu dilibatkan dalam permasalahan ini. "Namun jika masalah dugaan eksploitasi anak dan kekerasan maka itu ranahnya pihak kepolisian," sambungnya.

Diketahui, pada Senin (11/10), tampak seorang anak yang berada di sekitar Simpang Charitas Palembang. Anak itu dipukul oleh seorang wanita yang belakangan diketahui adalah ibu kandungnya, RO.

Pemukulan itu direkam seseorang dan diunggah hingga viral di media sosial. Peristiwa itu diduga terjadi tepatnya di Jalan Sudirman, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Palembang, Sabtu (9/10) malam.

"Iya kejadian lagi di TKP yang sama (Simpang Charitas)," kata Kanit PPA Polrestabes Palembang AKP Pipin Sumailan saat dimintai konfirmasi soal video viral itu.

Polisi yang mendapat informasi kemudian melakukan penyelidikan. Terduga pelaku pemukulan telah diamankan.

Pipin mengatakan penganiayaan diduga berawal saat RO menyuruh korban yang merupakan anak kandungnya untuk mengamen atau meminta-minta uang kepada pengguna jalan. Dia menyebut si anak diduga tidak mendapat uang sehingga dipukul.


tags: #kpai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI