Penanaman pohon akasia di Bukit Ciledok Kaliwiro Wonosobo. Foto : emhaka/kuasakata.com

Penanaman pohon akasia di Bukit Ciledok Kaliwiro Wonosobo. Foto : emhaka/kuasakata.com

Penanaman Pohon Akasia di Bukit Ciledok untuk Kelestarian Alam

Program reboisasi lahan kritis itu dilakukan bekerjasama dengan Rumah Bibit Pos Basarnas Wonosobo.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:40 WIB - Ragam
Penulis: Emhaka . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo- Relawan Penanggulangan Bencana (RPB), Tim SAR Kaliwiro bekerjasama dengan BEM Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Unsiq Jateng di Wonosobo dan Pemuda Ciledok Kaliwiro, melakukan penanaman 200 pohon akasia untuk pelestarian alam.

Penanaman pohon akasia dilakukan di bukit dan kawasan hutan gundul di wilayah Desa Ciledok Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah. lereng gunung dan kawasan hutan di daerah tersebut kini dalam kondisi kritis dan gundul.

Koordinator Tim SAR Kaliwiro Habib, Selasa (12/10), mengatakan penanaman ratusan pohon itu dilakukan bersama-sama. Dengan penanaman pohon diharapkan alam dan lingkungan sekitar ke depan akan semakin lestari.

BERITA TERKAIT:
Wabup Wonosobo Kunjungi Kampung Laboratorium Kreatif Langgeng Bebrayan
Penanaman Pohon Akasia di Bukit Ciledok untuk Kelestarian Alam
LP3M Unsiq Ajak MAN 2 Wonosobo Support LKBL
LP3M Unsiq Jateng Rintis Kampung Laboratorium Kreatif, Seperti Apa?
PT Tirta Investama Wonosobo dan Instiper Yogyakarta Tanam Pohon untuk Konservasi Hijau
Unsiq Tekankan Kampus Merdeka, Kuliah Bisa di Kampus juga Bisa di Masyarakat
Unsiq Jateng di Wonosobo Diminta Siapkan Buka Fakultas Kedokteran

"Kami prihatin lereng gunung dan lahan hutan yang ada di wilayah Desa Ciledok dalam kondisi gundul dan kritis. Kondisi tersebut tentu saja bisa memicu bencana alam berupa tanah longsor di musim penghujan," kata pemuda asal Desa Tracap Kaliwiro itu.

Rumah Bibit
Menurut Habib, program reboisasi lahan kritis itu dilakukan bekerjasama dengan Rumah Bibit Pos Basarnas Wonosobo. Memasuki musim penghujan seperti saat ini merupakan saat yang tepat melakukan reboisasi atau penanaman pohon di lahan kritis dan gundul.

"Sebagai zona merah atau daerah rawan bencana alam tanah longsor, program reboisasi di Wonosobo merupakan hal yang penting dan mendesak dilakukan. Apalagi beberapa wilayah perbukitan seperti di Ciledok sudah minim pohon penguat lahan," bebernya.

Program bersama penanaman pohon di lahan kritis, lanjutnya, merupakan bukti kepedulian kalangan pemuda dan relawan penanggulangan bencana terhadap kelestarian alam dan lingkungan di sekitarnya. Kampanye gemar menanam pohon harus terus dilakukan.

"Kami mengajak semua pihak untuk peduli terhadap kerusakan alam dan lingkungan. Mari bergerak untuk gemar menanam pohon di lahan kosong. Sebab, pohon yang ditanam hari ini, akan menentukan nasib anak cucu di masa mendatang," tutur dia.


tags: #unsiq #tim sar #lahan hutan #lereng gunung

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI