Logo MUI, Gambar: Istimewa

Logo MUI, Gambar: Istimewa

MUI Minta Tokoh Masyarakat Awasi Pengajian Demi Cegah Rekrutmen NII

Komitmen sejumlah warga mendirikan NII adalah kasus lama.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:42 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Garut - Kementerian Agama mengatakan proses rekrutmen Negara Islam Indonesia (NII) dilakukan melalui bentuk pengajian. Untuk itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta tokoh masyarakat berperan aktif mengawasi pengajian di daerah masing-masing.

"Peran dan tokoh masyarakat penting di dalam pengawasan terhadap gerakan dan pengajian mereka," ungkap Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Abdullah Jaidi, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, ia menyebut komitmen sejumlah warga mendirikan NII adalah kasus lama. Pemerintah diminta untuk menyikapi hal ini agar tidak terjadi gesekan di tengah-tengah masyarakat serta tidak ada lagi korban doktrin NII.

BERITA TERKAIT:
MUI Minta Tokoh Masyarakat Awasi Pengajian Demi Cegah Rekrutmen NII
Baiat NII Viral, Ridwan Kamil: Tak Boleh Ada Khilafah di Jabar
Polres Dalami Puluhan Warga Garut Dibaiat Masuk NII
Densus 88 Selidiki Puluhan Warga Dibaiat Masuk NII
Puluhan Warga Dibaiat Masuk NII, Muhammadiyah: Bertentangan dengan Pancasila
Puluhan Warga Mengaku Dibaiat Masuk NII

"MUI sejak lama telah menyatakan ini adalah kelompok yang menyimpang," katanya.

"Bila perlu tentunya pemerintah melibatkan MUI dan tokoh-tokoh Islam setempat untuk menyadarkan mereka untuk kembali kejalan yang benar dalam hidup berbangsa dan bernegara," sambungnya.

Sebelumnya, puluhan warga Garut dikabarkan dibaiat masuk NII. Hal tersebut terungkap setelah beberapa di antara mereka menyuarakan hal tersebut. Salah satunya seorang remaja yang mengaku kepada orang tuanya bahwa mereka ikut aliran NII.

Orang tua yang cemas kemudian melaporkan hal tersebut ke perangkat desa setempat. Setelah didata, ternyata ada 59 orang yang diduga sudah dibaiat masuk NII di wilayah tersebut.

Hingga saat ini belum diketahui bagaimana mereka dibaiat hingga apa saja yang harus dilakukan setelah masuk NII. Namun, salah satu kejanggalannya adalah mereka menganggap pemerintah RI sebagai thogut.


tags: #puluhan warga dibaiat #nii #garut #mui

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI