Kodam IV Diponegoro Pastikan TMMD Kodim 0726 Sukoharjo Berjalan Sesuai Harapan

Salah satu sasaran non fisik adalah penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:18 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Sukoharjo - Kepala Staf Kodam (Kasdam)  IV Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono bersama rombongan mengunjungi Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Kedatangan orang nomor dua di jajaran Kodam IV Diponegoro itu untuk meninjau lokasi pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0726 Sukoharjo.

Brigjen Widi mengatakan sejak TMMD dibuka secara resmi pada 15 September 2021 lalu hingga saat ini capaian sasaran baik fisik maupun non fisik sudah mencapai hampir 100%. Sasaran fisik TMMD Reguler di Desa Majasto masing-masing pembuatan talud jalan Dukuh Majasto-Dukuh Boto sepanjang 1.280 meter, pembuatan talud jalan Dukuh Sigobang-Dukuh Siblarak sepanjang 800 meter, pembangunan rabat beton yang membuka akses jalan antara Dukuh Sigobang dan Dukuh Siblarak sepanjang 1.000 meter.

“Selain itu, ada juga rehab Masjid Ar-Rohman di Bumi Arum, rehab RTLH tiga unit, rehab MCK tiga unit, dan perawatan lapangan sepak bola. Ada pula program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI berupa rehab gedung TPA Al-Amin di Dukuh Boto RT 02/09, rehab Masjid Khulafa’ar Rasyidon serta bantuan Kementerian Ketenagakerjaan berupa talud jalan di Dukuh Majasto sepanjang 265 meter,” kata Brigjen Widi, Selasa (12/10/2021)

BERITA TERKAIT:
Kodam IV Diponegoro Pastikan TMMD Kodim 0726 Sukoharjo Berjalan Sesuai Harapan
Museum Gatot Soebroto di Semarang Diresmikan, Kodam: Sebagai Wujud Penghormatan
Kasdam IV Diponegoro Ingatkan Jajarannya untuk Bersikap Waspada di Perbatasan Negara

Untuk sasaran non fisik, kata dia, yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan narkoba serta keamanan dan ketertiban masyarakat, perbaikan gizi anak-anak, sosialisasi pencegahan virus corona dan penyuluhan pertanian serta vaksinasi. Brigjen Widi mengungkapkan bahwa peninjauan menjelang penutupan TMMD ini untuk memastikan bahwa semua program yang direncanakan sebelumnya telah berjalan sesuai rencana. 

“Kodam merasa berkewajiban untuk meyakinkan bahwa program yang sudah kita sampaikan itu bisa berjalan dengan lancar dan mencapai target yang sudah ditentukan” jelasnya 

Semua program, kata dia, dikerjakan melalui sinergi berbagai sektor baik Polri, Pemerintah Kabupaten, Ormas dan Masyarakat setempat. Hal ini sejalan dengan tema TMMD saat ini yaitu “Bersinergi Membangun Negeri”. Dengan semangat kebersamaan untuk maju maka percepatan dan pemerataan pembangunan wilayah akan lebih cepat diwujudkan.

“Antusias masyarakat, termasuk Perangkat Desa juga semuanya sangat baik, kemudian dalam kondisi sekarang dengan ancaman Covid-19 yang belum selesai ini, semua berjalan dan dilaksanakan semuanya dengan protokol kesehatan” terang dia

Outcome TMMD yang diharapkan, lanjutnya antara lain adalah teredukasinya masyarakat kurang mampu serta terwujudnya rasa aman dan tenang warga Desa Majasto secara umum sehingga bisa bangkit dari dampak pandemi Covid-19 dalam bidang ketahanan ekonomi/pangan. Disamping itu juga dengan terdukungnya infrastruktur melalui program TMMD ini juga diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan warga.


tags: #kodam iv diponegoro #tmmd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI