Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Dian Kristiandi Buka Pameran Virtual Museum RA. Kartini

Keberadaan Museum Kartini juga sebagai citra kota  dan kebanggaan masyarakat.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:32 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara– Bupati Jepara Dian Kristiandi membuka Pameran Virtual Museum RA. Kartini Jepara. Pembukaan pameran virtual ini dilakukan di Aula Museum RA. Kartini Jepara, Selasa (12/10/2021). Pameran ini mejadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Museum Nasional Tahun 2021.

Dian Kristiandi mengapresiasi pameran virtual ini lantaran pandemi yang hingga kini masih membatasi ruang, gerak dan waktu. Di tengah keterbatasan itu, inovasi dan ide kreatif ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan koleksi-koleksi museum RA. Kartini.

“Dengan demikian kecintaan masyarakat akan museum dan peninggalan sejarah juga meningkat yang muaranya pada peningkatan rasa kebangaan dan nasionalisme sebagai bangsa,” kata Bupati Andi.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Jepara Siapkan Seribu Dosis Vaksin Untuk Difabel
Dian Kristiandi Lepas Empat Atlet Difabel Jepara ke Peparnas Papua
Kakap Merah 5,3 Kilogram Juarai Lomba Memancing Bupati Cup 2021
65 Pemancing Bersaing Rebut Total Hadiah Rp25 Juta
Pariwisata Kembali Dibuka, Bupati Andi Minta Warga Karimunjawa Tetap Taati Prokes
Sektor Perekonomian dan Pariwisata Karimunjawa Segera Pulih
Diserahterimakan, TMMD Sengkuyung Tahap III Selesai Dikerjakan

Pameran virtual ini, lanjut Andi juga memiliki nilai lebih karena masyarakat tidak perlu berkunjung langsung untuk menikmati koleksi Museum Kartini. Pengunjung menjadi lebih hemat dari banyak sisi, baik waktu, tenaga dan biaya.

Lebih lanjut politisi PDIP ini menyebut jika museum adalah jendela peradaban suatu bangsa. Artinya jika ingin mengetahui peradaban suatu bangsa, maka lihatlah museumnya. “Untuk itu sekali lagi saya menyambut baik inovasi dan segala upaya untuk memajukan Museum Kartini,” imbuhnya.

Kepada pengelola, Andi meminta agar terus meningkatkan profesionalitasnya. Hal ini penting agar pengunjung merasa nyaman dan tidak kapok datang ke Museum Kartini Jepara.

“Museum ini menjadi wahana wisata edukasi dan jadikan sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan banyak yang berkunjung tentu akan memebrikan dampak bergnada bagi pertumbuhan dan penguatan ekonomi masyarakat,” jelas Andi.

Keberadaan Museum Kartini juga sebagai citra kota  dan kebanggaan masyarakat. Dengan demikian, maka selain bisa meningkatkan daya tarik kota juga meningkatkan kebangaan dan motivasi masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Dian Kristiandi juga meresmikan mural yang ada di berada Museum Kartini Jepara. Mural hasil karya perupa Jepara itu menggambarkan sejumlah karya diantarnya Macan Kurung, Kartini, Kesenian Kentrung  dan gambar Bung Karno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni Lestiaza menyampaikan jika peringatan Hari Museum Nasional digelar sejumlah lomba. Diantaranya lomba membatik, lomba bercerita dialek Jepara, lomba cerdas cermat budaya serta sejumlah perlombaan lainnya.


tags: #jepara bangkit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI