Pantai Kartini Jepara, Foto: Istimewa

Pantai Kartini Jepara, Foto: Istimewa

Pendapatan Sektor Pariwisata Pemkab Jepara Turun

Pariwisata di Kabupaten Jepara saat ini bukan lagi berorientasi keuntungan.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:23 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jepara -  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Jawa Tengah menyebut target pendapatan dari sektor retribusi wisata tahun 2021 turun drastis dari sebelumnya sebesar Rp4,1 miliar menjadi Rp998 juta karena dampak pandemi Covid-19.

Kabupaten Jepara baru memutuskan untuk membuka kembali semua objek wisata, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta setelah menerapkan PPKM level dua. 

"Adanya pandemi Covid-19, mengakibatkan semua objek wisata yang dikelola pemerintah tidak bisa beroperasi sehingga berdampak pada pemasukan yang dibebankan kepada Disparbud Jepara," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiazaa, Selasa (12/10).

BERITA TERKAIT:
Pendapatan Sektor Pariwisata Pemkab Jepara Turun
Disbudpar Kudus Usul Target Retribusi Wisata Direvisi
Banyumas Tunggu Instruksi dari Pusat Terkait Pembukaan Objek Wisata
Banyumas Segera Uji Coba Pembukaan Objek Wisata
Wisatawan di Kudus Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin
Klaten Zona Merah Penyebaran Covid-19, Objek Wisata Ditutup
Pengunjung Membludak, Objek Wisata Air Mejobo Kudus Ditutup

Untuk itulah, kata dia, diajukan evaluasi melalui APBD perubahan 2021 untuk diturunkan dari target sebesar Rp4,1 miliar menjadi Rp998 juta. Dengan target sebesar itu, pihaknya optimis bisa memenuhinya dengan siswa waktu tiga bulan.

Lebih lanjut, ia mengingatkan pariwisata di Kabupaten Jepara saat ini bukan lagi berorientasi keuntungan, karena visi dan misi bupati saat sekarang wisata gratis.

Pada tahun sebelumnya, penerimaan daerah dari sektor pariwisata juga terjadi perubahan dari semula ditargetkan Rp4,05 miliar, kemudian dievaluasi menjadi Rp1,2 miliar. Sedangkan realisasinya hingga akhir tahun 2020 hanya sebesar Rp624,3 juta.

Adanya perubahan target tersebut, ia berharap bisa memenuhi target pendapatan dari sektor pariwisata dengan catatan tidak ada penutupan objek wisata. Pasalnya daerah yang ternyata harus menerapkan PPKM level tertentu akan ada kebijakan untuk penutupan tempat wisata.


tags: #objek wisata #jepara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI