Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Foto: Istimewa

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Foto: Istimewa

Siang Ini Jokowi Lantik Megawati sebagai Pengarah BRIN

BRIN disebutkan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:23 WIB - Politik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Mengawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional, Rabu (13/10). 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pelantikan rencananya akan digelar siang ini di Istana Negara Jakarta. Namun, Heru tak menjelaskan lebih lanjut siapa saja nama yang akan dilantik bersama Megawati siang ini.

"Iya (Megawati). Lainnya belum tahu," ujarnya.

BERITA TERKAIT:
Megawati Resmi Dilantik Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN
Siang Ini Jokowi Lantik Megawati sebagai Pengarah BRIN
Megawati Beri Benih Varietas Padi untuk Mbak Ita, Ada Jenis MSP
Megawati Digugat Mantan Kader Rp40 M, PDIP: Tak Perlu
Patung Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno Diresmikan di Polder Tawang
PMI Jakarta Ungkap Kronologi Ucapan Dukacita ke Megawati
PDIP se-Bali Laporkan belasan Akun Penyebar Hoaks Megawati Meninggal

Diketahui, Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN. Perpres BRIN mencakup penjabat Dewan Pengarah hingga anggotanya dan unsur pelaksananya.

Dalam perpres yang dilihat pada Rabu (5/5/2021), BRIN disebutkan sebagai lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. Perpres BRIN juga mengatur Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Brida.

BRIN disebutkan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden, sedangkan Brida dibentuk pemerintah daerah. Adapun tugas BRIN adalah membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi secara nasional yang terintegrasi serta melakukan monitoring pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Brida. Fungsi BRIN terkait pelaksanaan tugas termaktub dalam pasal 4.

BRIN memiliki dewan pengarah dan pelaksana. Pasal 7 ayat (1) Perpres BRIN menyatakan susunan Dewan Pengarah BRIN terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, dan anggota.

"Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila," bunyi pasal 7 tersebut.


tags: #megawati #brin

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI