RSPA Boyolali. Foto: Istimewa.

RSPA Boyolali. Foto: Istimewa.

Tinggal Satu Pasien Corona, RS Pandan Arang Kurangi Bangsal Khusus Covid-19

Langkah ini sekaligus upaya preventif kalau ada pasien Covid-19.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:23 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Boyolali – Rumah Sakit Pandan Arang (RSPA) Boyolali mulai mengalihkan bangsal khusus Covid-19 untuk pasien umum. Hal tersebut dilakukan lantaran kasus positif Covid-19 di Kota Susu terus melandai.

Direktur RSPA Boyolali FX Kristandyoko menerangkan bahwa pasien Covid-19 yang dirawat mulai melandai sejak Agustus lalu. Ia menyebut, saat ini hanya tingga satu pasien Covid-19 yang masih dirawat di ruang ICU RSPA dengan kondisi cukup baik.

”Untuk bangsal Picu Nicu, dan Brotowali 1 sudah tidak ada pasien Covid-19. Maka ada perubahan tempat tidur yang sebelumnya untuk Covid-19 dijadikan untuk umum kembali.” tuturnya, Selasa (12/10/2021).

BERITA TERKAIT:
Tinggal Satu Pasien Corona, RS Pandan Arang Kurangi Bangsal Khusus Covid-19

Kristandyoko menuturkan, bangsal Kanwa dialihkan untuk pasien umum dengan tipe kelas 1 dan VIP. Sampai saat ini sudah ada enam pasien yang menempati bangsal Kanwa. Kendati demikian, kesiapan untuk pasien Covid-19 tetap disediakan.

”Kami tetap ada kesiapan sehingga tetap ada manajemen risiko di RSPA untuk penyakit menular. bangsal Brotowali 1 tetap kami fungsikan untuk pasien Covid-19 dengan 18 tempat tidur.” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, Brotowali 1 atau RSDC isolasi terpusat di Kemiri Mojosongo juga tetap difungsikan untuk mengantisipasi ketika ada pasien yang masuk.

Saat ini, tak hanya bangsal yang dialihkan saja. Namun, ada perubahan TT di tiap ruangan untuk kenyamanan pasien. Satu ruang yang biasanya diisi dua tempat tidur kini menjadi 1 tempat tidur dengan fasilitas semula.

Kristandyoko menambahkan, langkah ini sekaligus upaya preventif kalau ada pasien Covid-19, meski sudah ada screening awal di IGD.


tags: #rspa boyolali #pandan arang #bangsal #covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI