Logo MUI, Gambar: Istimewa

Logo MUI, Gambar: Istimewa

MUI ke Baim Wong: Orang Mulia Bisa Kendalikan Emosi

Menurut MUI mestinya Baim bersabar menghadapi seorang kakek tersebut.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:39 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Baim Wong dihujat warganet karena dinilai tidak sopan memarahi seorang kakek yang menawarkan dagangan kepadanya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun menanggapi sikap Baim tersebut.

"Mungkin dia lagi kesal sama kakek tersebut yang bolak balik meminta, sehingga kesal pada kakek tersebut. Di samping mungkin dia mungkin sedang galau tentang sesuatu," ungkap Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Abdullah Jaidi, Rabu (13/10).

Lebih lanjut, ia menilai mestinya Baim bersabar menghadapi seorang kakek tersebut. Tapi, Jaidi memaklumi Baim sebagai manusia biasa tidak bisa mengendalikan emosi.

BERITA TERKAIT:
MUI Sesalkan Azan di Jakarta Disebut Berisik
MUI ke Baim Wong: Orang Mulia Bisa Kendalikan Emosi
MUI Minta Tokoh Masyarakat Awasi Pengajian Demi Cegah Rekrutmen NII
MUI Minta Umat Tak Terpancing Kasus Pembakaran Mimbar Masjid
MUI Desak YouTube "Take Down" Video "Aku Bukan Homo"
Kecam Tindakan Kekerasan Terhadap JAI di Sintang, Jamasan: Ini Mencederai Hak Kebebasan Beragama
MUI Menyatakan Semua Vaksin Covid-19 yang Beredar di Indonesia Boleh Digunakan

"Di dalam Alquran difirmankan bahwa orang yang mulia itu adalah yang dapat mengendalikan emosi amarahnya/bersabar dan pandai memberikan maaf. Dan Nabi SAW bersabda: Orang yang kuat itu/sukses adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya dan berbuat amal untuk sesudah kematian menghadap Allah SWT," ucapnya.

Hal senada juga diungkap Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas. Dia menilai Baim Wong sebagai manusia biasa pasti tak lekang dari kesalahan. Baim pun diminta untuk segera meminta maaf secara langsung kepada kakek tersebut.

"Oleh karena itu siapapun yang membuat kesalahan termasuk dalam hal ini misalnya Baim Wong atau siapapun orangnya maka sebaiknya dia meminta maaf," tukasnya.

Meski demikian, ia mengaku tidak tahu persis apa yang membuat Baim Wong memarahi kakek tersebut. Tapi yang pasti, Anwar meyakini bahwa ada latar belakang yang membuat Baim marah terhadap kakek itu.

"Saya berharap sebaiknya masalah ini jangan diperpanjang, tapi mari kita semua saling mengerti dan memahami dan mari kita kembangkan baik sangka agar hidup ini terasa nikmat dan indah untuk kita alami dan jalani bersama," tutupnya.


tags: #mui #baim wong

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI