Ilustrasi ibadah umrah. Foto: Istimewa.

Ilustrasi ibadah umrah. Foto: Istimewa.

Jemaah Perlu Edukasi Tentang Ibadah Umrah di Masa Pandemi

Keberangkatan dan kepulangan jemaah umrah pada masa pandemi ini perlu dirumuskan secara bersama.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:29 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Kemenag – Stafsus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz menilai bahwa edukasi publik tentang penyelenggaraan Umrah di masa pandemi begitu penting. Hal tersebut terkait Kerajaan Arab Saudi yang kemungkinan akan segera memberikan akses penyelenggaraan Umrah bagi jemaah Indonesia.

Pria yang akrab disapa Gus Alex itu menuturkan bahwa edukasi terhadap jemaah tentang penyelenggaraan Umrah di masa pandemi perlu dilakukan. Hal tersebut agar jemaah bisa mengerti, memahami dan bisa menjalankan Umrah di masa pandemi.

edukasi penyelenggaraan Umrah di masa pandemi ini penting agar tidak terulang lagi terjadinya ketidakdisiplinan jemaah asal Indonesia dalam menerapkan protokol kesehatan setibanya di Arab Saudi.” tuturnya saat memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Tim Manejemen Krisis Penyelenggaraan ibadah Haji dan Perjalanan ibadah Umrah tahun 1443 H di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

BERITA TERKAIT:
Jemaah Perlu Edukasi Tentang Ibadah Umrah di Masa Pandemi
Ini Keutamaan dan Pahala Kurban di Hari Raya Iduladha
Kurangi Mobilitas Masyarakat, Menag Minta Ibadah di Rumah Masing masing
PPKM Darurat, Ganjar: Engga Usah Debat, Ibadah di Rumah Saja!
Pemkab Boyolali Imbau Warganya Ibadah di Rumah, Salat Jumat Ditiadakan
Masuki Ramadhan, Bupati Temanggung Keluarkan SE Panduan Ibadah
KJRI Jeddah Pastikan Belum Ada Info Resmi dari Saudi

Gus Alex menilai, nota diplomatik dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang pembukaan ibadah Umrah untuk jemaah dari Indonesia sebagaimana dijelaskan Menlu Retno Marsudi sebagai pertanda baik bagi dimulainya penyelenggaraan ibadah Umrah. Meski nota diplomatik tersebut belum merinci tentang kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah Umrah bagi jemaah dari Indonesia.

Sebagai bagian dari Tim Manajemen Krisis, Gus Alex meminta agar masing-masing kementerian menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan ibadah Umrah sesuai dengan kewenangannya.

“Keberangkatan dan kepulangan jemaah Umrah pada masa pandemi ini perlu dirumuskan secara bersama dengan mempertimbangkan prinsip one gate policy and zero incident.” ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta tim krisis untuk bisa merumuskan rekomendasi dan langkah persiapan yang baik dalam penyelenggaraan ibadah haji  di masa pandemi. Persiapan itu baik berupa regulasi maupun teknis penyelenggaraan ibadah Umrah, sejak sebelum keberangkatan, saat melaksanakan ibadah Umrah, dan setelah kembali di tanah air. 


tags: #ibadah #umrah #kemenag #edukasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI