Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa.

Guncang Pacitan-Yogyakarta, Gempa Tektonik M 4,8 Tak Timbulkan Tsunami

Gempa bumi kali ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASKATACOM, Pacitan - gempa bumi berkekuatan M 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sebagian Yogyakarta, dan beberapa wilayah di sekitarnya. Guncangan gempa dirasakan pada Rabu (13/10/2021) pukul 12.00.47 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika (Stageof) Sleman Ikhsan menerangan bahwa hasil analisis BMKG, gempa bumi ini bertipe tektonik dan memiliki magnitudo M 4,8. Kemudian, episenter gempa terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, tepatnya di laut pada jarak 78 km arah Barat Daya Pacitan dengan kedalaman hiposenter 55 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa." kata Ikhsan dalam keterangan tertulis yang diterima KUASAKATACOM, Rabu (13/10/2021) siang.

BERITA TERKAIT:
Aktivitas Sesar Merapi dan Merbabu Akibatkan Gempa Salatiga
Siang Ini, Kendal Diguncang Gempa
Sejarah Gempa yang Pernah Guncang Salatiga-Ambarawa
Pagi Ini, Malang Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo
Guncang Pacitan-Yogyakarta, Gempa Tektonik M 4,8 Tak Timbulkan Tsunami
Tegal Diguncang Gempa 3,3 Magnitudo
Jumat Pagi, Cilacap Gempa Dua Kali

Ikhsan menjelaskan, gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah.  "Guncangan gempa ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Trenggalek, Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta, Klaten dan beberapa tempat lainnya." bebernya.

gempa bumi itu, kata dia, tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Kemudian, hasil monitoring BMKG hingga pukul 12.51 WIB, menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock).


tags: #gempa bumi #pacitan #kepala stageof sleman ikhsan #bmkg

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI