Gelar Pasar Sehat Tiap Kecamatan, Hendi Dorong UMKM Bangkit

Festival Pasar Sehat ini juga menyiapkan para pelaku UMKM agar siap dan mematuhi mekanisme protokol kesehatan. 

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:42 WIB - Ekonomi
Penulis: Holy . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Semarang - Walikota Semarang Hendrar Prihadi terus mendorong peningkatan ekonomi, khususnya bagi pelaku UMKM agar kembali bangkit pasca PPKM. Melalui acara bertajuk Festival pasar sehat, pria yang akrab disapa Hendi ini berharap agar pelaku UMKM di Semarang dapat kembali beraktivitas.

"Jadi di masa-masa pandemi yang cukup sulit ini kita coba mengajak teman-teman di wilayah UMKM untuk memasarkan produknya," ungkap Hendi, sapaan akrab wali kota saat menghadiri Festival pasar sehat di halaman Kantor Kelurahan Pandean Lamper, Gayamsari, beberapa waktu lalu

BERITA TERKAIT:
Pengamat : Elektabilitas Hendi di Pilgub Jateng Berpotensi Menguat
Sistem E-Katalog LKPP RI Kini Lebih Responsif
Kinerja LKPP RI Diapresiasi, Sukses Tingkatkan Belanja Produk Dalam Negeri
Bubur Merah Putih dan Harapan Ganjar Pada Pemilu 2024
Raih 172 Suara, Ganjar Menang di TPS 11 Lempongsari Semarang

Melalui Dinas Koperasi dan UMKM, sejak bulan April lalu Festival pasar sehat digelar secara bergilir di 16 kecamatan setiap akhir pekan. Kini, kata dia, tercatat bazar tersebut telah berlangsung di 12 kecamatan, dengan agenda selanjutnya yakni Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Timur, Ngaliyan dan Tugu. Sejumlah produk unggulan dari tiap kelurahan, seperti produk kriya, batik serta olahan pangan turut meramaikan festival.  

Melalui penyelenggaraan secara hybrid, baik promosi melalui online dan offline, Hendi berharap para pelaku UMKM dapat kembali bangkit. 

"Mudah-mudahan ini menjadi wilayah promosi yang cukup efektif, kemudian pelaku UMKM bisa tumbuh bangkit lagi di saat pandemi," harapnya 

Senada dengan Hendi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Bambang Suranggono mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan gagasan Pemkot Semarang agar pelaku UMKM di Kota Semarang memperoleh fasilitas promosi di tengah sejumlah aturan pembatasan sosial. 

"Kegiatan ini utamanya untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM yang merasakan keterbatasan berjualan secara offline selama pandemi," ungkap Bambang. 

Tidak hanya sekedar promosi, lanjutnya, namun Festival pasar sehat ini juga menyiapkan para pelaku UMKM agar siap dan mematuhi mekanisme protokol kesehatan. 

Lebih lanjut, Bambang juga menjelaskan bila program pengembangan Hendi yang ditugaskan pada Dinasnya tak berhenti pada kegiatan pasar sehat.

***

tags: #hendrar prihadi #pasar sehat #umkm #semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI