Klangenan Musik Keroncong di Social Co Semarang

Ada diskon 20% buat kalian yang datang dengan dresscode motif batik boleh kaos, pakaian, celana yang bermotif batik.

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:13 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Kafe Social Co yang berada di Jalan Sriwijaya 43 A Semarang, mulai pekan ini akan mengadakan acara "Koffie Kerontjong". Kegiatan itu akan rutin diadakan setiap hari Kamis. 

Acara "Koffie Kerontjong" ini diadakan, dalam rangka melestarikan salah satu kesenian tradisional Indonesia yang pernah berjaya dan melegenda hingga kini yakni musik keroncong.

BERITA TERKAIT:
Klangenan Musik Keroncong di Social Co Semarang

Saat ini mungkin banyak kaum milenial sudah tidak banyak yang mendengarkan musik keroncong, padahal jenis musik ini pernah mengalami masa keemasan di awal abad ke 19.

Keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado, pertama kali musik ini diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa Portugis sejak abad ke-16 saat masuk ke Nusantara. 

Dari daratan India musik ini kemudian masuk ke Malaka. Bentuk awal musik ini disebut moresco (sebuah tarian asal Spanyol, seperti polka namun agak lamban ritmenya). Di mana salah satu lagu oleh Kusbini disusun kembali kini dikenal dengan nama Kr. Muritsku, yang diiringi oleh alat musik dawai. musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu.

Setelah masuk di Nusantara, musik ini menjadi makin kaya karena bercampur dengan sejumlah alat musik tradisional seperti seruling dan beberapa komponen gamelan.

Pada awal abad ke-19, musik ini sangat populer di mainkan di tempat-tempat berkelas di Indonesia, bahkan hingga semenajung Malaya.

Masa keemasan tersebut berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, dan kemudian meredup akibat masuknya gelombang musik populer (musik rock yang berkembang sejak 1950, dan berjayanya musik Beatle dan sejenisnya sejak tahun 1961 hingga sekarang). Meskipun demikian, musik keroncong masih tetap dimainkan dan dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia dan Malaysia hingga sekarang.

Social Co mengajak para social maker mengenal lebih dalam musik tersebut, tentunya dengan ditemani kopi Jawa Tengah dan makanan - makanan khas dari Social. "Dan kita ada diskon 20% buat kalian yang datang dengan dresscode motif batik boleh kaos, pakaian, celana yang bermotif batik. Kita tunggu ya Society," tulis rilis resmi Social Co, Kamis (21/10/2021).

Buruan datang dan nikmati musik keroncong di Social Co, untuk reservasi hubungi 08112821297. 

***

tags: #social co #musik keroncong #kopi #jawa tengah #kota semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI