Semarang Miliki Rumah Gizi, Menteri PPPA Bintang Puspayoga: Bisa Jadi Inspirasi Wilayah Lain

Program rumah gizi yang diinisiasi Kota Semarang memberikan dampak positif pada penurunan angka stunting di Kota Semarang. 

Rabu, 10 November 2021 | 00:50 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Menteri pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Puspayoga) meresmikan Kebun Gizi untuk menunjang pemenuhan Rumah Gizi Pelangi Nusantara, di Kota Semarang, Selasa (9/11). 

Kebun Gizi yang diresmikan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo didampingi WaliKota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil WaliKota Semarang Hevearita G Rahayu dan Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi. 

Kebun Gizi dibangun sebagai upaya penunjang perbaikan gizi masyarakat dan untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan di Rumah Gizi Pelangi Nusantara, hasilnya akan dimanfaatkan untuk penanggulangan gizi buruk dan stunting di Kota Semarang.

BERITA TERKAIT:
Menteri PPPA: Survei Buktikan Kekerasan Lebih Banyak Dialami Anak Perempuan
Semarang Miliki Rumah Gizi, Menteri PPPA Bintang Puspayoga: Bisa Jadi Inspirasi Wilayah Lain

Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo ikut memanen sayuran dan buah serta memanen telur di peternakan kecil yang berada di kebun gizi. 

"Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah kota (Pemkot) Semarang dengan adanya rumah gizi ini bisa memberikan perhatian dan pendampingan kepada anak-anak, terutama anak yang kurang gizi," ujar Bintang Puspayoga.

Menurut Bintang, program rumah gizi yang diinisiasi Kota Semarang memberikan dampak positif pada penurunan angka stunting di Kota Semarang

"Disini (rumah gizi, Red) ada program setiap hari Selasa dan Kamis yang memberikan pendampingan dan edukasi pada orangtua tentang stunting serta pendampingan psikolog secara komprehensif," ucapnya.

Di rumah gizi ini, lanjutnya, ada pelacakan balita gizi buruk, deteksi tumbuh kembang anak, konseling, terapi ahli hingga pemberian makanan tambahan dan nutrisi tambahan bagi anak dengan kekurangan gizi. 

"Mudah-mudahan rumah gizi yang ada di Kota Semarang ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lainnya untuk mewujudkan dan melahirkan anak-anak generasi penerus bangsa yang berkualitas," tandas dia.


tags: #menteri pppa #pemberdayaan perempuan #kota semarang #stunting

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI