Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa.

Gibran Siapkan Sembako untuk Warga yang Mau Divaksin

Sebelum tutup tahun, Gibran menargetkan seluruh penduduk Kota Bengawan sudah divaksin.

Kamis, 11 November 2021 | 14:29 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Solo – Pemkot Solo menyediakan bantuan Sembako untuk warga yang mau divaksin anti Covid-19. Hal tersebut untuk menggugah kesadaran warga dalam upaya penanggulangan penyebaran Corona.

Sebagai informasi, capaian vaksinasi di Kota Solo pada pekan pertama November mencapai 95 persen dari 417.151 sasaran yang ditentukan pemerintah pusat. Percepatan vaksinasi untuk warga ber-KTP Solo, lanjut usia, dan mereka dengan penyakit penyerta masih jadi prioritas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta Siti Wahyuningsih menuturkan, percepatan vaksinasi tidak tanggung-tanggung. Namun terkadang vaksinasi door to door tidak maksimal karena hanya menjangkau beberapa puluh warga.

BERITA TERKAIT:
Keluaga Bank Jateng Blora Bagikan Paket Sembako untuk Duafa
Harga Meroket, Lima Komoditas Sembako Jadi Perhatian Ganjar
Peringatan Hari Ibu, 213 Warga Kurang Mampu Terima Sembako di Sragen
Gibran Siapkan Sembako untuk Warga yang Mau Divaksin
Gelar Razia Tanpa Tilang, Polres Karanganyar Justru Bagikan Sembako
Gus Yasin Tekankan Pentingnya Penyaluran Sembako Langung ke Rumah Penerima
Usai Divaksin, Puluhan Penyandang Disabilitas di Boyolali Terima Sembako

“Kan kasian petugasnya yang sudah capek-capek datang (ke rumah warga) namun hasilnya tidak sebanyak yang diharapkan. Rugi tenaga dan waktu. Makanya kami ngobrol dengan pak wali terkait cara untuk menarik warga agar bersedia divaksin.” tuturnya baru baru ini.

Terpisah, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menuturkan, tidak mudah menyisir warga yang belum divaksin. “Ada beberapa wilayah yang jadi sasaran vaksinasi door to door, tapi warganya malah pergi saat petugas datang. Ya memang seperti itu masalahnya. Jadi memang perlu edukasi lagi.” ujar Gibran, Rabu (10/11/2021).

Gibran memahami bahwa tak bisa memaksa warga yang enggan divaksin. Namun, menimbang bahwa vaksinasi merupakan program nasional dalam upaya mengatasi pandemi, maka pemkot siap melakukan berbagai cara mendorong warga agar mau divaksin. “Mencari sisa-sisa orang yang belum divaksin itu memang jadi tantangan. Kalau beliau-beliaunya membutuhkan Sembako, ya kami kasih Sembako. Yang penting mau vaksin.” jelasnya.

Selain siap memberikan Sembako, dan vaksin door to door, pemkot juga melaksanakan vaksin malam dan reguler. Itu demi mempercepat capaian vaksinasi dan kekebalan komunitas. Sebelum tutup tahun, Gibran menargetkan seluruh penduduk Kota Bengawan sudah divaksin. Dia menyebut mereka yang enggan divaksin hanya sekitar 5 persen dari total penduduk Kota Solo.


tags: #sembako #vaksin #gibran rakabuming raka #siti wahyuningsih #kepala dinas kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI