Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

PTM di SD Kalibawang Kulon Progo Disetop karena Ada Tujuh Kasus Positif Covid-19 

Tujuh siswa tersebut berstatus orang tanpa gejala.

Jumat, 12 November 2021 | 08:24 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kulon Progo - Satgas Covid-19 Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyetop kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu sekolah dasar (SD) di Kalibawang karena adanya kasus positif Covid-19. Hasil ini diperoleh dari tes swab massal dalam program Surveilans PTM.

"Di salah satu SD di Kalibawang ada tujuh yang positif Covid-19 dari 33 sampel. Hasilnya keluar tadi malam, dan pagi ini langsung kita tutup (menyetop kegiatan PTM) karena jumlah yang positif cukup banyak," ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati, dalam jumpa pers di Pemkab Kulon Progo, Kamis (11/11).

Ia menambahkan, tujuh siswa tersebut berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan sekarang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Terhadap temuan ini, satgas telah melakukan tracing tetapi hasilnya belum keluar.

BERITA TERKAIT:
Walikota Solo Putuskan PTM 100 Persen Mulai Februari Mendatang
Berkah PTM 100 Persen, Penjualan Seragam di Semarang Meningkat
Siswa SMP N 23 Semarang Antusias Ikuti PTM 100 Persen
Sekolah di Kudus Wajib Gunakan PeduliLindungi
Sekolah di Boyolali Gelar PTM 100 Persen
Bupati Perbolehkan Semua Sekolah di Banyumas Selenggarakan PTM secara Penuh
Antisipasi Kasus Covid-19 di Sekolah, Gibran Tiadakan Libur Nataru

"Termasuk asal mula positif juga masih kami dalami," tukasnya.

Dengan adanya temuan ini, maka total siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam program Surveilans PTM di Kulon Progo mencapai 21 orang dari total sampel sementara sebanyak 486. Adapun 21 orang itu meliputi sembilan kasus di salah satu SMA Negeri di Wates, tujuh kasus di SD wilayah Kalibawang dan sisanya tersebar di SD di wilayah Pengasih, Temon, dan Nanggulan.

"Untuk wilayah Pengasih ada satu siswa di satu sekolah, Temon satu siswa di satu sekolah dan Nanggulan ada dua sekolah, masing-masing ada satu dan dua yang positif. Untuk sekolah yang ditemukan kasus positif satu dan dua ini masih boleh menggelar PTM, namun siswa yang bersangkutan telah diminta isolasi mandiri," pungkasnya.


tags: #ptm #sd kalibawang #kulon progo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI