Naik Pesawat Cukup Rapid Test, Jumlah Penumpang di Bandara Semarang Meningkat

Bandara Ahmad Yani Semarang belum mendapat izin dari pemerintah pusat untuk membuka rute penerbangan Internasional.

Sabtu, 13 November 2021 | 10:52 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Pihak Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menyatakan dalam sepekan terakhir ini jumlah penumpang pesawat mengalami peningkatan. Hal ini terjadi setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan mengubah syarat penerbangan bagi penumpang, dari prasyarat Test Swab PCR menjadi rapid test antigen.

“Sudah sejak 3 November 2021 ya syarat pakai antigen. Sudah sepekan ini, jumlah penumpang mengalami peningkatan berkisar 21 persen. Sebelumnya, jumlah penumpang hanya berkisar 16 ribu,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto, Sabtu (13/11).

BERITA TERKAIT:
Bandara Semarang Gandeng Pegiat Kelola Sampah dengan Budidaya Magot
Bandara Semarang Selesaikan Proyek PLTS, Kapasitas 100 Kilowatt-Peak
Bandara Semarang Juara 1 Pengolahan Sampah
DayTrans Luncurkan Rute Perjalanan Bandara Semarang Menuju Solo
Bandara Internasional Ahmad Yani Siap Sukseskan Pertemuan Menteri Perdagangan se-Asia di Semarang

Ia mengaku pihaknya cukup bergembira atas adanya keputusan dari pemerintah pusat. Sebab, hal ini memacu dunia penerbangan untuk kembali bangkit pasca terpuruk akibat pandemi. “Kita cukup lega ya, karena penerbangan mulai meningkat,” jelasnya.

Meski begitu, diakuinya masih sedikit maskapai yang mengoperasikan pesawatnya untuk penerbangan. Ia menyebut belum tahu alasan dari masing masing maskapai yang belum beroperasi untuk penerbangan.

Bandara Ahmad Yani Semarang, kata dia, belum mendapat izin dari pemerintah pusat untuk membuka rute penerbangan Internasional. Namun rute domestik sudah dibuka untuk mengakomodir keperluan bisnis masyarakat Semarang.

Adapun rute domestik yang telah dibuka, lanjutnya, yakni jalur Semarang-Bali, Semarang-Bandung, Semarang-Balikpapan, Semarang-Surabaya.

***

tags: #bandara internasional jenderal ahmad yani #kota semarang #rapid test

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI