Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Foto: Istimewa

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Foto: Istimewa

Tren Kasus Covid-19 Naik, Luhut: Ada Daerah PPKM Level 1 Naik Level

Hari ini pemerintah akan mengumumkan terkait kelanjutan kebijakan PPKM di Indonesia.

Senin, 15 November 2021 | 14:48 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membahas perkembangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia. Luhut mengatakan tren kasus Covid-19 di sejumlah daerah naik.

"Trennya kan sudah berkali-kali saya bilang (positivity) rate-nya rata-rata di bawah satu ya. Tapi ada indikasi-indikasi kan saya sudah beri tahu minggu lalu ada beberapa kabupaten kota yang angkanya juga naik," ungkap Luhut di Polda Metro Jaya Jakarta, Senin (15/11).

Di akhir penerapan PPKM hari ini, Luhut pun mengingatkan tren kenaikan kasus Covid-19 di Eropa dan Amerika. Menurutnya, tren itu harus disikapi serius di Indonesia.

BERITA TERKAIT:
Luhut Tegaskan Pemerintah Tak Berencana Hentikan Sekolah Tatap Muka
Luhut: Tren Mobilitas di Jawa-Bali Turun Sepekan Terakhir
Pemerintah Terapkan Micro-Lockdown Bila Terdeteksi Penularan Omicron Lokal 
Satu Pasien Omicron Lolos dari Wisma Atlet karena Dispensasi Karantina
Luhut Ancaman Ceburkan Orang yang Kabur Karantina
WNA yang Memiliki Riwayat Perjalanan ke 11 Negara Ini, Dilarang Masuk ke Indonesia
Tak Hadir Mediasi dengan Luhut, Fatia Buka Suara

"Kamu harus lihat Amerika dan Eropa itu sekarang angkanya naik semua. Jadi kita harus hati-hati. Saya titip sekali lagi itu jadi angka di Eropa sekarang naik di Amerika pun sekarang naik," imbuhnya.

Luhut kemudian menyinggung perihal penerapan kewajiban tes PCR bagi para pelaku perjalanan. Menurutnya, kebijakan itu untuk menekan angka penyebaran virus Corona di Indonesia.

"Jadi kalau kita seperti PCR saya katakan dulu itu tujuannya kan ngecek dulu supaya kita ini travelling aman. Sekarang Amerika mau melakukan itu dalam negeri. Kita ramai-ramai malah batalin, ya sudah," jelasnya.

Hari ini pemerintah akan mengumumkan terkait kelanjutan kebijakan PPKM di Indonesia. Namun, Luhut menyebut ada sejumlah daerah yang sempat masuk ke daerah level 1, kini justru naik level PPKM.

"Nanti saya belum ingat datanya. Tapi yang sekarang di level (1) angkanya sudah naik juga ada. Itu yang harus kita jaga," pungkasnya.


tags: #luhut binsar pandjaitan # tren kasus covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI