Ilustrasi vaksinasi Covid-19, Foto: Istimewa

Ilustrasi vaksinasi Covid-19, Foto: Istimewa

Pemkab Kudus Target Vaksinasi Lansia 60 Persen

Kudus optimistis Kudus bisa turun level karena salah satu penyebab naiknya level PPKM dari level 2 menjadi level 3 karena cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah.

Selasa, 16 November 2021 | 07:41 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Pemkab Kudus Jawa Tengah menargetkan akhir 2021 bisa melakukan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) hingga 60 persen. Usai mampu memenuhi target yang ditetapkan pemerintah agar bisa turun dari PPKM level 3 menjadi level 2.

"Alhamdulillah saat ini Kabupaten Kudus berhasil mencapai target vaksinasi untuk dosis pertama sebesar 40 persen, sedangkan akhir tahun ini mudah-mudahan bisa meningkat menjadi 60 persen," kata Bupati Kudus Hartopo didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo di Kudus, Senin (15/11).

Ia mengaku optimistis Kudus bisa turun level karena salah satu penyebab naiknya level PPKM dari level 2 menjadi level 3 karena cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah.

BERITA TERKAIT:
Kudus Target Vaksinasi Lansia Capai 60 Persen, Baru Vaksinasi Anak
Vaksinasi Lansia di Temanggung Capai 60 Persen
Pemkab Kudus Target Vaksinasi Lansia 60 Persen
Bertahan di PPKM Level 3, Pemkab Kudus Ngaku Kesulitan Vaksinasi Lansia
Gandeng Ormas, Pemkab Batang Gencarkan Vaksinasi Lansia
Pemkab Kudus Dapat Tambahan 7.000 Dosis Vaksin untuk Lansia
Jelang Tahun Baru, Pemerintah Akan Kebut Vaksinasi Lansia

Dalam penetapan level PPKM, kata dia, memang tidak hanya cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, melainkan ada faktor mobilitas penduduknya. Akan tetapi, vaksinasi lansia tetap menjadi pertimbangan utama naik level.

Adanya pasokan vaksin hingga 43.000 dosis, dia optimistis bisa mencapai target vaksinasi hingga 60 persen dari rencana sasaran vaksinasi lansia 71.098 orang, karena dimungkinkan nantinya juga akan ada tambahan vaksin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo membenarkan bahwa capaian vaksinasi lansia untuk dosis pertama sesuai data lapangan memang sudah mencapai 40 persen, sedangkan sasaran selanjutnya memburu target akhir tahun bisa mencapai 60 persen.

"Jika tidak ada kendala, tentunya Kabupaten Kudus bisa mencapai PPKM level satu karena untuk penanganan pasien maupun kasus Covid-19 serta vaksinasi sudah memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah. Terkecuali untuk mobilitas masyarakat memang susah," ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, masyarakat di Kabupaten Kudus mayoritas bekerja di bidang perdagangan serta industri, sehingga mobilitasnya cukup tinggi.

Terkait target vaksinasi untuk lansia sebesar 60 persen, kata dia, akan diupayakan dengan melakukan vaksinasi jemput bola serta berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu terkait akses maupun psikologi lansia karena ada yang menganggap vaksinasi tidak perlu dengan usia mereka. 


tags: #vaksinasi lansia #kudus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI