Wapres Ma'ruf Amin, Foto: Istimewa

Wapres Ma'ruf Amin, Foto: Istimewa

Ma'ruf Amin Sebut Saat Ini Tugas Pesantren adalah Tanggulangi Covid-19

Salah satu upaya terdekat yang bisa dilakukan dalam penanganan pandemi ini adalah dengan membentuk kekebalan kelompok/herd immunity melalui pemberian vaksinasi kepada masyarakat.

Kamis, 18 November 2021 | 11:58 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dapat dicapai atas kerja sama berbagai pihak, salah satunya pesantren. Pasalnya penanggulangan pandemi ini bukan hanya masalah kesehatan saja, melainkan juga masalah agama.

"Salah satu tugas pesantren sekarang bagaimana kita bersama-sama pemerintah, para ulama ini, menyukseskan penanggulangan Covid-19. Karena sudah sering saya katakan bahwa penanggulangan Covid bukan semata-mata masalah kesehatan tapi masalah agama. Karena penanggulangan Covid itu dalam rangka menjaga jiwa jangan sampai jadi korban," ujarnya dikutip di laman setwapres, Kamis (18/11) saat beraudiensi dengan Tokoh Ulama Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh di Pondok pesantren Mahyal Ulum Al-Aziziyah Desa Dilipbukit Banda Aceh-Medan Kecamatan Suka Makmur Sibreh Aceh Besar, Selasa (16/11).

Ia menambahkan, salah satu upaya terdekat yang bisa dilakukan dalam penanganan pandemi ini adalah dengan membentuk kekebalan kelompok/herd immunity melalui pemberian vaksinasi kepada masyarakat. Untuk itu, dia meminta kepada MPU Aceh untuk dengan gencar meningkatkan literasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19.

BERITA TERKAIT:
Turun di Moto3, Mario Dapat Dukungan Wapres Maruf Amin
Banjir dan Longsor di Papua, Wapres Minta Siapkan Penanggulangan
Tingkatkan Pereknomian, Wapres Minta Pemda Berdayakan UMKM
Ma'ruf Amin: Jokowi Pertimbangkan Siapkan Kursi Wamendagri
Jokowi dan Maruf Amin Dijadwalkan Hadir di Muktamar ke-34 NU
Maruf Amin Minta EWS Dibangun di Berbagai Titik Area Rawan Bencana
Wapres Minta Pelaku Fintech Perhatikan Keamanan Siber

"Menjadi kewajiban dari para ulama terutama MPU dan pesantren-pesantren supaya masyarakat mau, supaya masyarakat berbondong-bondong untuk divaksinasi. Karena vaksinasi termasuk ikhtiar menjaga diri dari wabah supaya imun. Jadi wajib," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia pun meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh untuk mengakselerasi program vaksinasi Covid-19. Pasalnya, cakupan vaksinasi di wilayah ini masih rendah di bawah capaian nasional.

"Persentase yang sudah divaksin dua kali di Provinsi Aceh paling sedikit dari seluruh provinsi di Sumatera," tukasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga 16 November pukul 12.00 WIB, dari target sasaran 4,03 juta penduduk cakupan vaksinasi dosis pertama di Aceh baru mencapai 34,95 persen dan dosis kedua sebesar 19,06 persen.


tags: #maruf amin #pesantren #covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI