Kalapas Brebes Pimpin Geledah Kamar Hunian Warga Binaan

Dalam kegiatan penggeledahan tersebut petugas menggunakan cara-cara persuasif yang humanis kepada warga binaan.

Selasa, 07 Desember 2021 | 20:27 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Brebes, Jawa Tengah, memimpin penggeledahan kamar hunian warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas setempat, Selasa (7/12/2021).

Penggeledehan hunian WBP ini, diikuti oleh pejabat struktural dan staf serta petugas jaga setelah dilaksanakan apel pagi bersama di lapangan blok hunian. 

BERITA TERKAIT:
182 Narapidana Lapas Brebes Terima Remisi Khusus Hari Raya Idulfitri
Lapas Brebes Gelar Simulasi dan Cek Kesiapan Layanan Khusus Hari Raya Idulfitri1443 H
Kalapas Brebes Ikuti Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Secara Virtual
Bakti Sosial, Lapas Brebes Bagikan Paket Sembako untuk Warga Lansia Desa Dukuhwringin
Peduli Pelaku UMKM, Lapas Brebes Beri Bantuan Gerobak untuk Pedagang Es

KaLapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan, tujuan diadakannya penggeledehan blok hunian WBP ini, dalam rangka mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kegiatan ini kita lakukan sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara yang diperkuat Keputusan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," tandasnya.

Isnawan mengemukakan,  penggeledahan blok hunian tersebut, sebagai upaya pula untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas serta mencegah adanya barang-barang yang tidak semestinya berada di kamar hunian. 

"Kegiatan penggeledahan ini merupakan ikhtiar kita semua. Dalam memastikan Lapas Kelas IIB Brebes aman dari gangguan keamanan dan ketertiban, dan juga dalam komitmen kita untuk berperang melawan barkoba dan alat komunikasi ilegal di Lapas Brebes," tegas Isnawan. 

Isnawan menandaskan, dalam kegiatan penggeledahan tersebut petugas menggunakan cara-cara persuasif yang humanis kepada warga binaan. Sehingga kegiatan berlangsung aman dan kondusif sampai dengan selesainya kegiatan.
 
"Dari hasil penggeledahan kamar hunian tersebut diperoleh barang-barang berupa 1 buah mug, 1 buah alat cukur, 1 buah besi, 1 unit handphone, 1 gunting dan 8 sendok besi, serta 1 casing handphone," kata Isnawan. 

Selanjutnya, tutur Isnawan; hasil temuan dikumpulkan dan dilaporkan untuk dilakukan pemusnahan.  "Pelaksanaan razia kamar hunian berjalan dengan tertib dan lancar, serta situasi Lapas Brebes aman dan kondusif," pungkas Isnawan.


tags: #lapas kelas iib brebes #kalapas #warga binaan #wbp

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI